Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

Tanjung Redeb – Meskipun belum sepenuhnya rampung, proyek peningkatan fisik gapura selamat datang simpang empat kilometer 5 tetap dinyatakan rampung sesuai adendum kontrak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dengan CV Radityatama Jaya.

Proyek peningkatan fisik pintu gerbang menuju Tanjung Redeb ini dimulai sejak akhir 2023 lalu dan dilanjutkan pada awal 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pengembangan Pemukiman dan Penataan Bangunan Jasa Konstruksi (P3BJK) DPUPR Berau, Junaidi, menjelaskan bahwa akhir 2024 ini DPUPR kembali mengucurkan dana tambahan senilai Rp1,1 miliar untuk menuntaskan peningkatan gapura tersebut.

Bahkan, kata dia, saat ini pekerjaan lanjutan gapura kilometer 5 sudah memasuki tahap lelang.

“Karena berbagai kendala, pekerjaan tidak sempat selesai sesuai kontrak pada 28 Agustus. Namun, setelah diajukan addendum, alhamdulillah sudah rampung,” ujarnya, Senin (07/10/2024)

Nantinya, dari anggaran tambahan yang disiapkan, akan difokuskan pada beberapa pekerjaan, seperti penyelesaian penutup Aluminium Composite Panel (ACP) dan special lighting, serta penataan pedestrian bawah dan penataan median yang telah dibongkar beberapa waktu lalu.

Dirinya membeberkan hambatan yang dialami terkait cuaca yang tidak menentu dan lalu lintas kendaraan yang membuat pekerjaan ini terhambat, mengingat jalur dari gapura selamat datang simpang kilometer 5 selalu ramai.

“Semoga dalam pengerjaannya nanti tidak ada hambatan dan berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sejak dimulainya proyek peningkatan gapura ini dari akhir 2023 hingga awal 2024, pemerintah daerah melalui DPUPR telah menggelontorkan dana sebesar Rp4,2 miliar. dengan rincian Rp2,4 miliar pada tahun 2023 dan Rp1,7 miliar pada awal 2024. (*)