Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Perpustakaan Garden Library Puri (Garlip) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kabupaten Berau berhasil mengukir prestasi dengan meraih juara pertama pada Lomba Perpustakaan SMA, SMK, MA sederajat Klaster IIITiga Tingkat Nasional mewakili Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Pembacaan hasil penilaian tersebut disampaikan, Ketua Tim Juri Lomba Perpustakaan SMA, SMK ,MA Terbaik Tahun 2024 Perpusnas RI, Sri Sumekar, di Holiday Inn n Suites, Jakarta.

Atas prestasi yang memuaskan tersebut, Perpustakaan Garlip SMAN 4 Berau berhasil membawa hadiah berupa uang pembinaan senilai 30 juta rupiah.

Kepala Perpustakaan Garlip SMAN 4, Evi Sulistyaningsih, bersyukur dan bangga dengan keberhasilan yang diraih. Menurutnya, keberhasilan ini dapat terwujud karena adanya kerja sama dan kerja keras semua pihak, terutama pengelola Perpustakaan Garlip SMAN 4 Berau.

23D KEMBALI 2
BERSYUKUR : Kepala Perpustakaan Garlip SMAN 4, Evi Sulistyaningsih, bersyukur dan bangga dengan keberhasilan yang diraih sembari menggenggam tropy dan memegang lembar penghargaan. (foto: ist)

“Alhamdulillah, kami berhasil meraih juara pertama. Hal ini merupakan sebuah kebanggaan dan kesuksesan SMAN 4 Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur,  pada lomba perpustakaan hingga ke tingkat nasional,” ujarnya kepada berauterkini.co.id, Minggu (22/9/2024).

Hal ini, sambungnya, merupakan tanggung jawab yang tidak mudah, karena membawa nama baik Provinsi Kalimantan Timur. Namun, keberhasilan ini tidak terlepas dari kegigihan pengelola perpustakaan dan semua warga sekolah.

“Semoga dengan kemenangan ini memacu semangat siswa untuk terus mempertahankan prestasi,” harapnya.

23G HADIRI 2

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 4, Widi Mulyono, mengatakan berkat kegigihan pengelola perpustakaan, semua warga sekolah, pihak Pemerintah Kabupaten Berau dan Pemerintah Provinsi Kaltim serta dukungan berbagai pihak, sehingga Perpustakaan Garlip ini dapat memberikan hasil terbaik dengan perolehan 933.06 poin.

Keberhasilan kali ini harus menjadi motivasi bagi perpustakaan lain di Berau khususnya dan di seluruh Kalimantan Timur pada umumnya. Perpustakaan yang menang menjadi contoh, sehingga setiap mengikuti event diberbagai tingkat dapat meraih prestasi.

“Semoga kemenangan ini dapat memacu semangat siswa dan siswi untuk terus berprestasi,” inginnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau, Yudha Budisantosa, mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Perpustakaan Garlip SMAN 4.

“Saya bangga, karena apa yang dilakukan SMAN 4 ini tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga mengharumkan nama Kabupaten dan Provinsi Kaimantan Timur,” ujarnya.

Yudha juga berterimakasih kepada pendamping dari Dispusip Berau, Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, yang telah bekerja keras mengantarkan Perpustakaan Garlip hingga meraih juara.(*)