Foto: Ketua KPU Berau Budi Harianto

TANJUNG REDEB,- Sejak 14 Juni 2022, tahapan Pemilu serentak tahun 2024 resmi dimulai.  Ketua KPU Kabupaten Berau, Budi Harianto proses ini akan berjalan hingga 20 bulan kedepan.Tahapan awal dilaksanakan yakni melakukan penyusunan anggaran. 
Sementara untuk pendaftaran partai politik peserta pemilu dimulai pada Juli mendatang di KPU pusat.

“Nanti sekitar bulan Oktober hingga November 2022, dilakukan verifikasi faktual partai politik di tingkat kabupaten/kota. Kemudian Desember, baru penetapan Parpol peserta pemilu,” jelasnya.

Untuk optimalisasi kinerja KPU Berau, Budi mengharapkan ada dukungan yan sama terhadap bangunan yang dimanfaatkan KPU saat ini. Sebab  saat ini bangunan tersebut dimanfaatkan bersama dengan OPD lain. 

Hal itu ditujukan pada keamanan logistik Pemilu nanti.  Belum lagi, banyak pegawai atau petugas kerap lalu lalang di gedung tersebut, membuat keamanan logistik di sana tidak bisa dijamin sepenuhnya.

“Kita tidak bisa kenali, apakah yang keluar masuk di kantor ini ada keperluan dengan KPU atau bukan. Ini yang jadi kekhawatiran kami. Belum lagi, terkait gudang penyimpanan logistik KPU nanti juga sangat terbatas,” terangnya.

Sebenarnya, KPU Berau telah mengusulkan anggaran untuk pembangunan kantor baru, mengingat pihaknya sudah mendapat lahan yang dihibahkan oleh Pemkab Berau. Hanya saja, usulan itu belum terealisasi.

“Semoga usulan tersebut segera terealisasi, karena kita butuh agar sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 nanti sudah bisa ditempati. Walaupun belum juga ada, harapannya, bisa difasilitasi Pemkab untuk mencari kantor KPU yang representatif,” ujarnya.

Mewakili bupati Berau,Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setkab Berau, Hendratno mengatakan, seluruh pihak harus berkontribusi dalam mensukseskan pesta demokrasi. 

Apalagi, berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022, tentang Pemungutan Suara Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024. Telah ditetapkan waktu pemungutan suara Pemilu presiden dan wakil presiden yakni,  Rabu tanggal 14 Februari 2024,sedangkan untuk pilkada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan dilaksanakan pada November 2024.

“Kami berharap, seluruh tahapan berjalan lancar, dan menjadi pesta demokrasi bagi masyarakat, khususnya warga Berau. Dan KPU Berau tetap independen, profesional, dan kredibel,” pungkasnya.(*)

Editor: Rengkuh