Reporter : Sulaiman
|
Editor : Syaifuddin Zuhrie

TANJUNG REDEB – Media siber berauterkini.co.id kini telah mendapatkan validasi Dewan Pers. Dilansir lewat laman dewanpers.or.id, media lokal Bumi Batiwakkal ini telah terverifikasi administratif, pada Kamis (29/8/2024). Setelah melalui proses yang cukup panjang, setidaknya nyaris 2 tahun.

Hal ini menjadikan Berauterkini sebagai media siber kedua di Berau, yang lolos verifikasi administratif Dewan Pers setelah newsnusantara.com, tiga tahun sebelumnya.

Penanggungjawab Redaksi berauterkini.co.id, Robithoh Johan Palupi, menyambut gembira atas amanah yang diberikan dewan pers tersebut. Ia menyebut, ini menjadi pemecut semangat ‘dapur redaksi‘ untuk bekerja semakin profesional.

“Media siber ini harus menjadi bagian penting dari pembangunan di Berau yang lebih demokratis,” ungkap pria yang akrab disapa Bang Robi itu.

Memberikan informasi valid kepada publik berpedoman KEJ dan UU Pers, bukan perkara mudah. Dibutuhkan tenaga pewarta yang memiliki kompetensi di industri media massa ini. Demi memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya oleh publik.

Hingga 2024 ini, sebanyak empat orang wartawan berauterkini.co.id telah dinyatakan berkompeten. Satu diantaranya merupakan wartawan muda, sementara tiga lainnya berstatus wartawan madya. Ditambah dengan juru ramu dapur redaksi, berstatus wartawan utama.

“Wartawan memang harus memiliki validasi dari dewan pers, sehingga setiap produknya bisa dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Media siber berauterkini.co.id pun menjadi bagian dari pertumbuhan pesat di Bumi Batiwakkal. Berdiri sejak 2017 lalu, dari embrio kanal media sosial populer instagram dengan nama @berauterkini.

Tiga tahun belakangan ini, bertransformasi menjadi media siber yang lebih profesional. Memiliki akun aktif di hampir semua sosial media.

Media ini pun menjadi besar akibat dari dukungan besar para pengikut instagram dan pembaca setia berauterkini.co.id.

Kepercayaan itu yang menjadi landasan semangat para punggawa awak media ini untuk terus tumbuh dan bekembang lebih baik.

“Terimakasih seluruh pembaca dan pengikut setia @berauterkini,” kata Robi.

Sedikit informasi, dalam masa penantian verifikasi dewan pers ini, kamar redaksi diguncang dengan hilangnya akun instagram @berauterkini hingga tak dapat diakses.

Hampir sepakan akun itu hanya memperlihatkan angka unggahan saja.

Para pengikut setia pun mengalami hal serupa. Tapi pada Sabtu (31/8/2024) sore, akun itu sudah bisa diakses kembali. Siap menjadi akun media sosial yang akan memberikan kabar terbaru soal perkembangan Bumi Batiwakkal ini.

“Alhamdulillah kekuatannya sudah kembali, bisa lebih profesional lagi untuk bekerja,” ujarnya.

Berada di bawah naungan PT Media Utama Berau, media siber ini mengelola akun instagram @berauterkini dengan 233 ribu pengikut. Lalu facebook  53 ribu pengikut dan TikTok 156 ribu pengikut.

Kemudian YouTube dan Twitter alias X, saat ini masih dalam masa pertumbuhan.

Semua akun tersebut, resmi dikelola oleh perusahaan, sehingga setiap unggahannya siap untuk dipertanggungjawabkan secara hukum.

“Mari menjadi saksi pertumbuhan Berau dari Berau Terkini,” pesan dia. (*)