Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Redaksi

TANJUNG REDEB,– Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau aka segera menggelar operasi Over Dimenssion and Overloading Capacity (ODOL).

Kepala Dishub Berau, Andi Marewangeng mengatakan, ini merupakan agenda terjadwal setiap tahunnya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Kali ini, operasi ODOL di lakukan di Simpang Empat Kilo 5, Tanjung Redeb, Selasa (6/8/2024).

Tujuan operasi ODOL ini untuk menertibkan kendaraan yang membawa angkutan barang dan jasa hingga overloading kapasitas atau yang tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Operasi ini sudah kali ketiga dilakukan di dua tahun terakhir,” ucap Ewang sapaan akrabnya.

Dijelaskannnya, operasi penertiban kendaraan over kapasits ini dilaksanakan dengan melibatkan beberapa pihak. Sepert pihak Satlantas Polres Berau, Polisi Militer dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Berau.

“Paling tidak kita tertibkan para pengguna jalan yang melanggar,” ungkapnya.

Ia berharap, penertiban yang dilakukan tidak hanya sekedar rutinitas yang dilakukan oleh pihaknya untuk memenuhi tuntutan administrasi. Tetapi, diharapkan bisa memacu kesadaran masyarakat, khususnya kendaraan pengangkut barang dan jasa.

Menyadari bahaya yang muncul serta pentingnya keselamatan di tengah angkutan barang dan jasa yang sudah melebihi kapasitas.

“Razia hari ini didampingi pihak kepolisian, satlantas, polisi militer, dan kejaksaan,” tandasnya.(*)