Reporter : Hendra Irawan
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Mengantisipasi terjadinya kasus pencurian di wilayah Kabupaten Berau, aparat Polres Berau meminta masyarakat di “Bumi Batiwakkal”, agar selalu meningkatkan kewaspadaan dimanapun berada.

Kasi Humas Polres Berau, Iptu Suradi, mengatakan pencurian dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

“Pelaku pencurian selalu memanfaatkan kesempatan. Tetap waspada dan jangan lengah. Apakah itu di rumah,  hingga di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan dan tempat-tempat keramaian lainnya,” katanya, Selasa (6/8/2024).

Suradi menegaskan, kebanyakan target pencurian adalah kendaraan yang terparkir bebas di halaman rumah, sehingga tidak jarang banyak warga yang kehilangan motor setelah diparkir sembarangan.

“Kunci kendaraannya dengan baik.  Jangan meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan yang tidak dijaga dan jangan memakai perhiasan mencolok mata,” sarannya.

Selain itu, Humas Suradi juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk saling peduli dan bekerja sama dengan aparat keamanan setempat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Jika menemukan tindakan yang mencurigakan ataupun terjadi kasus pencurian, dapat segera melaporkannya ke pihak berwenang.

“Laporkan segera, agar dapat cepat ditindaklanjuti. Ketua RT juga harus jemput bola kepada setiap warga baru yang menetap untuk menjaga hal yang tidak diinginkan,” pintanya.

Polres Berau juga mengingatkan, masyarakat untuk tidak mudah terpengaruh oleh modus-modus penipuan yang sering digunakan oleh pelaku pencurian, seperti berpura-pura menjadi petugas atau orang yang membutuhkan bantuan.

“Pastikan selalu memeriksa identitas dan keaslian informasi yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal,” tekannya. (*)