Reporter : Syaifuddin Zuhrie
|
Editor : Redaksi

TANJUNG REDEB– Sebanyak 33 Calon anggota Paskibraka terpilih mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Calon Paskibraka kabupaten Berau 2024.

Pembukaan Pusdiklat dilakukan oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas. Ditandai dengan pemasangan atribut dan tanda pengenal kepada 33 Capaska.

Sri menginginkan, agar semangat para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dapat tercurahkan kepada seluruh pasukan Paskibraka.

“Berikan performa terbaik saat membawa sang saka merah putih nanti,” ucapnya saat membuka pelatihan, Senin (5/8/2024) di Balai Mufakat, Jalan Cendana.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada para kepala sekolah, orang tua, dan pelatih. Karena telah membentuk karakter anak-anak yang kuat, keteguhan hati, dan kearifan dalam bersikap.

“Besar harapan saya peserta terpilih memiliki jiwa nasionalisme dan dapat menginspirasi generasi muda,” tutupnya.

Sementara, Kepala Bidang Ideologi, Wasbang dan Karbang Kesbangpol Berau, Emy Lestari Mansyur mengatakan, Dari 347 peserta yang mendaftar, terpilihlah 37 peserta dengan 4 orang terbaik akan dikirim untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi.

“Sisanya 33 orang itu akan bertugas di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Tidak haya itu saja, Emy menyebut bahwa seluruh pasukan juga akan mengikuti pendidikan ideologi pancasila. Dan pembelajaran aktif mengenai kewaspadaan dan ketahanan nasional, revolusi mental, pascasila dan wawasan kebangsaan, serta literasi digital.

Lanjutnya, untuk tahun 2025 nanti, setiap kabupaten/kota di kalimantan timur harus mengirimkan 8 orang wakil yang akan diseleksi pada tingkat provinsi.

“Waktu pelatihan juga akan bertambah, dari yang semula hanya 12 hari akan menjadi 21 hari,” tandasnya.

Sehingga, kuota pasukan Paskibraka di Kabupaten Berau akan bertambah menjadi 39 orang.(*)