Foto: Atlet IPSI tengah berlatih jelang pelaksanaan Porprov 2022

TANJUNG REDEB, – Menyiapkan talenta terbaiknya, Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Berau segera melakukan seleksi. Tujuannya memilih calon-calon atlet untuk berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022 mendatang.

Ketua IPSI Berau, Puguh Supriyanto mengatakan, meskipun belum menentukan jadwal pastinya, namun rencananya dilaksanakan setidaknya usai Idul Fitri mendatang.

Namun tidak menutup kemungkinan ada opsi pelaksanaan seleksi sebelum bulan Ramadan yakni 27-28 Maret ini.

“Rencananya itu. Kalau lebih maksimalnya pelaksanaan akhir lebaran,” katanya.

Ada banyak calon altet yang akan diseleksi. Karena dalam pelaksanannya, IPSI Berau akan melibatkan 6 perguruan dan organisasi pencak silat yang terdaftar di IPSI.

Dalam Porprov nanti, ada 22 nomor tanding untuk cabor pencak silat. Tidak termasuk atlet yang akan mengikuti seni tunggal, ganda dan regu.

“Insya Allah nanti kita akan turunkan full di semua nomor tanding, termasuk dengan yang tunggal, ganda, dan beregu,” jelasnya.

Ia juga optimis memandang perhelatan Porprov tersebut, mengingat Berau sebagai tuan rumah,tentu membawa keuntungan tersendiri dari aspek mental atlet-atletnya.

Selama proses seleksi, Puguh juga memperhatikan dengan seksama poin penting kesehatan calon atlet. Mengingat sejauh ini masih dalam mada pandemi. Tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pihaknya.

“Khawatir pasti ada. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang. Tapi kami akan berusaha, agar seleksi nantinya dapat terlaksana dengan baik, serta kesehatan atlet yang bertanding tetap terjaga,” pungkasnya. (*)

Editor: RJ Palupi