Foto: bersama Wadan Lantamal 13 Tarakan, Kolonel Marinir David Candra Viasco bersama Bupati Berau Sri Juniarsih, dan Ketua FKMB Berau Hasanul Haq Batubara bersama sejumlah anak-anak yang sudah dikhitan, Rabu (1/12/2021)

TANJUNG REDEB, – Memperingati hari Armada Republik Indonesia pada 5 Desember mendatang, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) 13 Tarakan TNI AL bekerjasama dengan Forum Komunitas Maritim Berau (FKMB) menggelar bakti sosial khitan masal di Kelurahan Sambaliung, Kecamatan Sambaliung Rabu (1/12/2021).


Menyasar 100 anak di kelurahan Sambaliung. Acara tersebut dihadiri Wakil Komandan Lantamal 13 TNI AL Tarakan, Ketua FKMB Berau, Hasanul Haq Batubara serta Bupati Berau Sri Juniarsih.

Komandan Lantamal 13 Tarakan Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti diwakili Wakil Danlantamal 13 TNI AL Tarakan, Kolonel Marinir David Candra Viasco mengatakan, program bakti sosial khitan massal dilakukan serentak di jajaran Lantamal 13 Tarakan, mulai dari Nunukan, Berau, hingga Banjarmasin.

“Ini juga merupakan perintah kepala staf angkatan laut untuk melakukan bakti sosial melalui program khitanan massal,” katanya, kemarin.

Dalam melakukan khitan massal tersebut, selain membawa tenaga medis dari Lantamal 13 Tarakan, pihaknya juga melibatkan BAZNAS Berau serta petugas kesehatan dari Puskesmas Sambaliung.

Harapannya, giat sosial ini bisa membantu meringankan beban biaya masyarakat  mengkhitankan putra-putranya.

“Khitanan ini gratis kepada masyarakat. Kami bersyukur, masyarakat sangat antusias terhadap program yang kami selenggarakan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkannya, sebelum program khitan massal dilakukan, pihaknya juga telah melakukan bakti sosial di bidang kesehatan, yakni vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin.

“Kedepannya, kegiatan seperti ini akan terus dilakukan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Lantamal 13 Tarakan tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Lantamal 13 Tarakan, karena telah membuat program khitan massal di Sambaliung. Ini sangat membantu masyarakat kami yang kurang mampu di Kelurahan Sambaliung,” jelasnya.

Sri Juniarsih mengharapkan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Berau dan Lantamal 13 Tarakan, dapat terus berlanjut.

“Kami ingin kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan kali ini saja, melainkan dilaksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua FKMB Berau, Hasanul Haq Batubara menjelaskan, kegiatan sunatan massal yang dilakukan Lantamal 13 Tarakan, dengan FKMB Berau di kelurahan Sambaliung, merupakan yang kali kedua dilakukan. Sebelumnya, kegiatan pertama dilakukan di Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan.

Dijelaskannya, FKMB juga turut merayakan Hari Armada Republik Indonesia bersama Lantamal 13 Tarakan, dengan menggelar bakti sosial berupa khitanan massal. Apalagi, Lantamal 13 Tarakan, merupakan pembina FKMB Berau.

“Jadi kegiatan ini untuk menyambut Hari Armada, dengan melakukan bakti sosial. Secara program kami sama. Tidak hanya, khitanan massal saja. FKMB juga kerap membuat berbagai macam program bakti sosial yang ditujukan kepada warga tidak mampu maupun tertimpa musibah,” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi, acara khitan massal berlangsung lancar dan tertib. Protokol kesehatan (Prokes) kesehatan juga dijalankan masyarakat dengan maksimal.

“Alhamdulillah semua berlangsung lancar, dan sukses. Masyarakat yang datang juga disiplin prokes,” katanya.

Sementara itu, salah seorang orang tua peserta khitan massal, Ahmad berterimakasih kepada Lantamal 13 Tarakan, karena telah menyelenggarakan khitanan massal di Kelurahan Sambaliung. Berkat program itu, dirinya bisa mengkhitankan anaknya, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Kami sangat berterimakasih kepada Lantamal 13 Tarakan, FKMB dan Pemerintah Berau. Adanya program ini sangat membantu kami. Mungkin jika tidak ada kegiatan ini, anak saya belum bisa dikhitan, karena harus mengumpulkan uang dulu,” pungkasnya.(*)

Editor: Rj Palupi