Reporter : Fathur
|
Editor : Redaksi

BALIKPAPAN – Selasa (25/6) menjadi momen membahagiakan bagi 324 jemaah haji Kloter Pertama Debarkasi Haji Balikpapan. Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik, menyambut hangat para tamu Allah di Aula Jabal Rahmah, Balikpapan.

“Saya yakin, seluruh jemaah haji yang tiba hari ini sudah tak sabar ingin cepat bertemu keluarga, makan nasi kuning dan soto banjar,” canda Akmal, mengungkapkan kerinduan para jemaah akan kampung halaman.

Beliau pun menyampaikan rasa bangganya atas ketaatan para jemaah dalam menunaikan rukun Islam kelima selama lebih dari 25 hari di Tanah Suci. “Alhamdulillah, hari ini saya menyambut jemaah haji dengan jumlah yang lengkap,” ujarnya.

Akmal Malik tak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh jemaah haji Debarkasi Balikpapan yang telah menjadi duta dan kebanggaan Kaltim. “Semoga jemaah sekalian dapat mengamalkan ilmu dan ibadah yang dilakukan selama ibadah haji,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim, Abdul Kahliq, menjelaskan bahwa tahun ini Embarkasi Haji Balikpapan memberangkatkan 6.023 orang, terdiri dari 5.929 jemaah dan 94 petugas. “Khusus jemaah Kaltim sebanyak 2.722 orang,” sebutnya.

Kloter pertama yang tiba hari ini terdiri dari 324 jemaah haji asal Kota Balikpapan. Kedatangan mereka akan disusul kloter-kloter selanjutnya hingga kloter 19 pada tanggal 20 Juli 2024 mendatang.