Foto:Simbolis, Ketua DPC Gerindra Berau , Jakaria ambil formulir calon bupati ke DPC Demokrat Berau, Senin (1/4/2024).

 

TANJUNG REDEB – Ketua DPC Gerindra Jakaria yang juga merupakan Bakal Calon Bupati Berau, kunjungi kantor DPC Demokrat Berau untuk mengambil formulir calon bupati, Senin (1/4/2024), sekira pukul 16.15 Wita.

Kedatangan Jakaria yang didampingi mantan anggota DPRD Kaltim Rusianto dan timnya itu, disambut oleh Ketua Tim Penjaringan Partai Demokrat Berau, Hardiansyah.

Kurang lebih 50 menit lamanya pertemuan, yang diakhiri dengan penyeragan formulir oleh Hardiansyah kepada Jakaria secara simbolis.

Usai pengambilan formulir, Jakaria menyampaikan, bahwa dirinya sangat serius ingin maju sebagai bakal calon di Pilkada Berau.

“Ini sebagai bentuk keseriusan saya ingin maju di Pilkada 2024,” terangnya.

Untuk diketahui, Jakaria merupakan bakal calon bupati yang pertama mengambil formulir di Demokrat. Dirinya berharap, kedatangannya tersebut tidak hanya sebatas pengambilan formulir, tapi juga hingga pengembalian.

Dirinya juga menyebut, Gerindra dan Demokrat memiliki hubungan spesial di tingkat pusat. Apalagi, pada pemilu Presiden yang dilakukan 14 Februari lalu, Gerindra dan Demokrat berkoalisi sama-sama memenangkan Prabowo.

“Hubungan baik inilah, yang harapannya bisa juga menular turun kebawah. Bisa saja Gerindra dan Demokrat bersatu di Pilkada nanti,” jelasnya.

Lanjut kata pria yang akrab disapa Bang Jaka ini, di Pilkada tahun 2024 ini, parpol peraih kursi harus berkoalisi dengan partai lain. termasuk pemenang pemilu.

Adapun Gerindra, memiliki 4 kursi di parlemen. Jika koalisi Gerindra dan Demokrat terwujud, ambang batas 20 persen bisa dicapai.

“Demokrat 2 kursi, kami 4 kursi, sudah bisa mengusung calon bupati. Tapi tetap, kita harus melihat hasil survey juga,” terangnya.

Terkait pengembalian formulir sendiri, Bang Jaka, menyebut, karena dirinya paling pertama mengambil, tentu akan mengembalikan formulir tersebut lebih cepat.

“Waktunya sebulan saja. Tapi kami akan segera kembalikan formulir. Lebih cepat lebih baik,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Penjaringan Partai Demokrat, Hardiansyah menyampaikan apresiasinya untuk Ketua Gerindra Berau Jakaria. Yang datang langsung mengambil formulir ke DPC Demokrat Berau.

“Biasanya perwakilan yang datang, kalau Gerindra ketuanya langsung yang datang. Kami dari Demokrat sangat mengapresiasi itu,” jelasnya

Terkait pengambilan formulir itu, pihaknya memang membuka pintu kepada siapapun yang datang untuk mengambil formulir.

Begitu juga dengan potensi koalisi. Pihaknya juga membuka pintu lebar bagi partai manapun untuk menjajaki komunikasi politik dalam menghadapi Pilkada mendatang.

“Siapapun yang datang mendaftar ke Demokrat, akan kami kawal sampai pusat. Dan kami dari Demokrat membuka koalisi selebar-lebarnya untuk partai lain,” pungkasnya. (/)

Reporter: Hendra Irawan