TANJUNG REDEB – Toni Suprayugo, terpilih secara aklamasi di Musyawarah Cabang (Muscab) VI, sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Berau, di Balai Mufakat Jalan Milono, Kamis (25/1/2024).

Dengan terpilihnya ketua HIPMI baru itu langsung dilakukan pengukuhan oleh Bupati Berau Sri Juniarsih, di lokasi yang sama.

Ketua Karateker HIPMI Berau Daniel Abadi Sihotang, mengatakan pengukuhan BPC HIPMI Berau tidak lain bertujuan agar ada HIPMI di Kaltim yang tidak aktif.

“Kami ingin HIPMI mengambil peran dan tampil sebagai pengusaha yang memberikan dampak positif bagi generasi sekarang. Utamanya di Kabupaten Berau,” ujar Daniel.

Disebutkan, HIPMI tidak hanya ajang kumpul-kumpul pengusaha muda, tapi juga memberikan efek, terutama bagi keberlangsungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“HIPMI itu menganut sistem egaliter yang selalu turun ke bawah, melihat langsung kondisi UMKM yang ada, karena HIPMI ini harus berdampak pada masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Toni Suprayoga merupakan calon peserta yang secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Berau. Apalagi, hanya Toni yang secara pemberkasan memenuhi kriteria.

7f6dc214 548e 4f34 bb0d f8ff950607e2 scaled

“Dia satu-satunya pengusaha muda yang sudah mendaftarkan diri yang sesuai dengan kriteria. Sehingga, kami dari tim karateker sudah menetapkan Toni Suprayugo sebagi calon, dikukuhkan di dalam Muscab HIPMI VI ini,” terangnya.

Adapun mengenai karateker yang dilakukan di BPC HIPMI Berau, sebenarnya tidak ada tendesius dan tidak ada masalah apapun dengan prngurus lama.

Namun, ketika HIPMI tersebut tidak terlihat, maka kedudukan HIPMI yang lebih tinggi,  berhak menyelematkan orgnisasi ini.

“Karena, kami ingin HIPMI itu tampil di tengah masyarakat,” tekannya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih, mengapresiasi Muscab yang dilakukan BPC HIPMI Berau tersebut.

Hal ini, katanya, menjadi momentun berkelanjutan yang telah berkontribusi dalam pemberdayaan UMKM disegala sektor, serta memotivasi lahirnya pengusaha muda di Berau.

“Saya berharap, HIPMI ini mampu mewujudkan dan dan membantu pemerintah dalam peningkatan SDM dan SDA secara berkelanjutan,” pintanya.

Sri juga memaparkan, Berau menjadi 1 dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yang mempunyai potensi wisata lengkap. Potensi ini menjadi peluang yang luar biasa, agar bisa dikelola secara maksimal.

HIPMI juga menurutnya, harus memiliki peran peningkatan dalam mengembangkan potensi wisata.

“Semoga ada ide kreatif dari HIPMI untuk itu. Pemkab bersedia bersinergi penuh dengan HIPMI demi kemajuan potensi wisata Berau. Karena saya ingin, orang Berau lah yang memajukan daerahnya sendiri,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Ketua BPC HIPMI Berau terpilih Toni Suprayugo, mengatakan HIPMI Berau siap bersinergi dengan Pemkab Berau dalam rangka memajukan perekonomian di “Bumi Batiwakkal”, termasuk mendukung pengentasan kemiskinan yang saat ini masih terjadi.

“HIPMI Berau siap bersinergi dengan Pemkab Berau dalam memajukan ekonomi dan mendukung Pemkab dalam rangka percepatan penurunan angka kemiskinan di Berau,” tegas Ketua HIPMI baru itu. (/)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h