TANJUNG REDEB – Bupati Berau Sri Juniarsih, meminta semua kepala kampung di Kabupaten Berau, dapat memaksimalkan potensi alam yang ada di wilayahnya. Apakah sumber daya alam (SDA) yang berpotensi di sektor wisata, perkebunan, perikanan maupun sektor lainnya.

Dijelaskan, pengembangan potensi SDA sangat penting dalam memajukan pembangunan dan ekonomi masyarakat setempat.

Menurutnya, sudah cukup banyak pemerintah kampung yang sudah maksimal dalam mengembangkan potensi alam di Berau.23G KAMPUNG TEMBUDAN 2

“Saya yakin, semua kampung di Berau ini memiliki potensinya masing-masing. Itu sebenarnya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan pembangunan kampungnya. Asal, dikelola dengan baik serta kreatif,” paparnya.

Menurutnya, ada beberapa kampung di Berau yang sudah cukup sukses mengembangkan potensi alamnya. Seperti Kampung Tembudan, Batu Putih, Bidukbiduk, Labanan Makmur, Merabu, Sumber Agung dan sejumlah kampung lainnya yang sudah mampu mengembangkan potensi alamnya.

“Yang penting ada kemauan dari pemerintah kampungnya. Apalagi sekarang sudah ada BUMK yang sudah didirikan. Lembaga itu bisa digunakan untuk mengelola potensi alam yang ada di masing-masing kampung,” jelasnya.

Apalagi dengan gelontoran alokasi dana kampung (ADK) yang setiap tahun mulai mengalami kenaikan, tentu harus memberikan manfaat untuk kemajuan kampung dan masyarakatnya.

Besar harapannya, semua kampung di “Bumi Batiwakkal” memiliki minimal 1 potensi yang dapat dikembangkan dan menjadi daya tarik, serta menjadi sumber pendongkrak ekonomi bagi masyarakat.

“Kita ingin semua kampung di Berau bisa maju dengan mengandalkan potensi alamnya sendiri. Pemerintah tentu akan mendukung penuh hal ini, asalkan ada kemauan kuat dari pemerintah kampung masing-masing,” katanya Bupati Sri, memberi semangat. (/)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h