Suasana Uji Kompetensi Pejabat Berau di Balai PKP Yogyakarta.

TANJUNG REDEB – Proses pelantikan para pejabat pratama di “Bumi Batiwakkal” alias Kabupaten Berau, terancam molor. Sebab, sejak rampungnya proses tes assesmen atau uji kompetensi di Balai Pengujian Kompetensi Pegawai (PKP) Yogyakarta, Jawa Tengah, selama dua hari ke depan, pada Selasa (5/12/2023) lalu hingga kini belum keluar hasil tes tersebut.

Diketahui, sebanyak 19 peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama alias JPTP yang telah digelar sejak awal November 2023 lalu. Mulanya, sebanyak 33 pejabat mendaftarkan diri sebagai calon JPTP, namun tersingkir lantaran tidak memenuhi syarat dan ada yang mengundurkan diri.

SELEKSI JPTP 1

Padahal sebelumnya, dalam pesan Bupati Berau Sri Juniarsih yang disampaikan Sekda Berau Muhammad Said, pelantikan pejabat baru dilangsungkan pada Desember 2023 ini.

Saat dikonfirmasi, Jafung Analis Kepegawaian BKPSDM Berau Feridiansyah, mengatakan tahap uji kompetensi sejatinya telah rampung yang dilangsungkan selama dua hari di Yogyakarta.

Saat ini pihaknya masih menunggu surat hasil dari Balai PKP Jogjakarta.

“Seleksi tahap ketiga sudah selesai. Cuma belum keluar hasilnya,” kata Feri-sapaan kesehraiannya, Selasa (19/12/2023).

Dikatakan, keterlambatan tersebut terjadi lantaran Balai PKP sedang memproses banyak pekerjaan seleksi yang juga dilakukan sejumlah daerah di Indonesia.

Terdapat daerah yang juga melakukan seleksi JPT Pratama, bahkan sebelum dan sesudah uji kompetensi yang telah direncanakan oleh timselter.

“Jadi, akhir tahun ini memang numpuk agenda seleksi di Yogyakarta. Makanya, dari sana agak keteteran dalam melakukan rekapan,” ujarnya.

Disinggung potensi jadwal yang bakal molor pada tahun depan, Feri menyatakan tidak dapat memastikan hal tersebut, lantaran berada pada kewenangan ketua timselter alias Sekda Berau Muhammad Said.

Hanya saja, dirinya memastikan, pengumuman baru akan dapat diterbitkan oleh Balai PKP Yogyakarta pada 28 Desember 2023 mendatang. Setelahnya, bakal ada tahap tes wawancara akhir dan penyerahan rekomendasi timsel ke kepala daerah.

Termasuk pula tahapan pengajuan rekomendasi tersebut ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pusat di Jakarta.

“Memang kalau lihat tahapan, masih ada satu lagi yang dilalui. Tes wawancara akhir dengan timsel,” terangnya.

Daftar nama pejabat yang mengikuti assessment di Yogya;

  1. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
  2. Widjil Rahadi.
  3. Masyhadi Muhdi.
  4. Endang Iriani.
  5. Bambang Sugianto.
  6. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda)
  7. Djupiansyah Ganie.
  8. Sri Wahyu Suprihatin.
  9. Mulyati Syafariah.
  10. Dinas Kesehatan (Diskes)
  11. Halijah Yasin.
  12. Lamlay Sarie.
  13. Jimmi Andriani.
  14. Dewi Rakhmasari.
  15. Staff Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian
  16. Rusnan Hefni.
  17. Sudirman.
  18. Desmus Ersya.
  19. Dewi Rakhmasari.
  20. Dinas Pendidikan (Disdik)
  21. Mardiatul Idalisah.
  22. Syafri.
  23. Dahri.
  24. Elly Kesuma Wijaya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h