Reporter : Kutim
|
Editor : Redaksi

KUTAI TIMUR – Pemerintahan terendah di lingkungan Masyarakat seperti Rukun Tetangga (RT) memerlukan fasilitas yang mrmadai lantaran berhubungsn secara langsung dengan warga.

Hal itu menjadikan Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Basti Sanggalangi membagikan computer kepada para RT di Kecamatan Sangatta Utara.

Hal itu dilakukannya sebagai upaya memberikan kemudahan kepada para RT untuk melayani masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memperoleh pelayanan yang efektif dan efisien. Bantuan itu disalurkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim.

“RT memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada warga,” ungkap Politisi dari Partai Amanat Nassional (PAN) itu.

Sehingga melalui bantuan komputer tersebut, diharapkan dapat memudahkan RT dalam mengelola administrasi warga. Begitu pula untuk memastikan data warga aman.

“Program ini tidak hanya pembagian komputer. Ada juga penyerahan printer, kursi hingga tenda kepada para RT. Program ini berasal dari alokasi anggaran tahun ini (2023),” tuturnya.

Apalagi di era serba teknologi saat ini. Dia menilai, penting untuk memanfaatkan teknologi yang ada. Sebagai upaya memodernisasi tugas administrasi di tingkat RT. Baik untuk pencetatan data penduduk, pengelolaan keuangan dan koordinasi kegiatan.

“RT juga bisa memaksimalkan pengelolaan berbagai aspek yang merupakan bagian dari pekerjaan mereka,” harapnya.

Dengan demikian, tidak ada lagi alasan bagi RT dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk untuk pembuatan surat pengantar dan lainnya. Sebab bantuan yang diberikan sudah sangat lengkap untuk menunjang hal tersebut.

“Berbeda untuk kursi dan tenda. Memang khusus untuk keperluan rukun tetangga. Jadi, ketika ada kegiatan warga, perlengkapan dapat dimanfaatkan. Bahkan tidak perlu lagi menyewa tenda dan kursi,” terangnya.