TANJUNG REDEB,- Pesta demokrasi yakni Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak, yang dijalani masyarakat di 12 Kecamatan se-Kabupaten Berau, diharapkan akan melahirkan Kakam baru yang aktif.

“Maksudnya aktif yakni bisa memberikan program kerja yang fokusnya lebih banyak ke masyarakat di kampungnya masing-masing. Apalagi banyak wajah baru yang terpilih, yang diharapkan bisa membawa inovasi baru,” jelas Wakil I Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah.

Dikatakannya, saat terpilih maka Kakam harus segera beradaptasi dengan sistem pemerintahan kampung. Khususnya untuk pengambilan kebijakan dan penyusunan program.

“Perlunya inovasi atau kreatifitas agar kampung bisa lebih maju nantinya. Suguhkan program kerja yang benar-benar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan kampung,” tambahnya.

Hal ini dijelaskan Syarifatul, lantaran Kakam adalah yang berada dalam naungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, maka sudah seharusnya bisa mensejahterakan masyarakat di kampungnya masing-masing.

“Berbeda kalo Kakam incumbent, pasti punya pengalaman di birokrasi dalam menjalankan tugas. Dan inovasi itu pasti sudah sering dilakukan selama menjalankan birokrasi,” tutupnya. (adv)

Reporter: Hendra