TANJUNG REDEB – Ketua Komisi II DPRD Berau, Andi Amir Hamzah meminta pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, berbenah menjelang akhir tahun. Pasalnya, ia memprediksi akan ada peningkatan wisatawan.

Menurutnya, dengan melakukan pembenahan fasilitas dan sarana, akan membuat wisatawan aman dan nyaman. Serta tidak ragu untuk kembali ke Berau. Hal ini tentu bisa berdampak pada sumber pendapatan daerah (PAD) dari sektor wisata.

“Sekarang gini, sebenarnya telat. Tapi apa salahnya mengingatkan untuk pembenahan fasilitas,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Berau digadang-gadang sebagai peyangga Ibu Kota Negara (IKN) dari sektor pariwisata. Jika tidak dilakukan pembenahan sejak dini, untuk menunjang fasilitas yang ada. Dipastikan Berau akan ketinggalan dengan daerah lain yang ada di Kaltim.

“Apa yang dimiliki Berau, tidak dimiliki daerah lain di Kaltim. Ini kesempatan bagus. Namun jika OPD tidak berbenah, maka sia-sia saja,” bebernya.

Dilanjutkan Politikus Golkar tersebut, setiap tahun, ada ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Berau. Namun jika tidak ada pembaharuan, dirinya meyakini Berau akan dilupakan.

“Jika ingin seperti Bali, Jogjakarta, harus berani berubah. Jangan mandek begitu saja,” ungkapnya.

Inovasi juga harus dilakukan, dan tidak takut untuk menggandeng pihak swasta untuk duduk bersama demi kemajuan pariwisata Berau. Jika hanya mengandalkan dinas saja, ia yakin, akan tetap begini saja wisata di Bumi Batiwakkal.

“Sekarang logikanya begini. Saya ke Derawan, dan dari tahun ke tahun begitu saja. Apakah saya merasa ada yang spesial lagi. Tentu tidak. Makanya saya tekankan untuk ada perubahan,” bebernya. (adv)

Reporter: Diva