TANJUNG REDEB, – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Berau, Sa’ga mendorong Dinas Perikanan Kabupaten Berau untuk melakukan kontrol produksi ika  di Kampunh Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan. Hal ini seiring Kampung Tanjung Batu yang akan memilik Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Sa’ga mengatakan, TPI yang akan di bangun di Kampung Tanjung Batu tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). Dengan adanya TPI kedepannya sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“Yang jelas kedepnnya para nelayan memiliki tempat pendaratan ikan yang terfokus pada satu tempat,” ungkapnya.

Dibeberkannya, produktivitas ikan di Tanjung Batu tidak terkontrol dengan baik. Pasalnya, para nelayan langsung menjual hasil tangkapannya ke pengepul.

“Tentu jika terus dibiarkan, dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak menguntungkan,” tuturnya.

Saga menerangkan, selama ini para pengepul memiliki pos-pos tersendiri. Hal itu, menurutnya membuat Diskan Berau sulit dalam mengontrol produksi ikan.

“Karena para nelayan tidak lapor hasil produksinya, melainkan langsung menjualnya ke pengepul,” jelasnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, Diskan Berau harus membuat inovasi untuk mengontrol hasil produksi nelayan di perairan Pulau Derawan dan sekitarnya.

“TPI ini berkontribusi meningkatkan PAD selain itu juga pemasaran hasil tangkap nelayan ini bisa secara luas dan yakin kesejahteraan juga akan lebih baik,” pungkasnya.  (adv)

Reporter: Diva