KUKAR,- Senyum merekah terpancar dari wajah warga Desa Embalut, Kutai Kartanegara. Mereka kini tak perlu jauh-jauh lagi menumpang tetangga atau ke jamban umum untuk buang hajat. Mereka kini memiliki toilet pribadi.

“Kalau sudah punya toilet pribadi, jangan lagi buang hajat di jamban di pinggir Sungai Mahakam,” kata Edi Damansyah, Senin, 16 Oktober 2023 ketika menyerahkan bantuan bedah rumah dan toilet pribadi kepada warga Desa Embalut.

Para warga bercerita, sebelum memiliki toilet pribadi, warga terpaksa buang hajat di jamban di pinggir Sungai Mahakam. Bahkan, ada juga warga yang meminjam toilet tetangga dan keluarga.

Bupati Edi menjelaskan, kondisi ini harus segera diakhir. Sebab, warga yang tak memiliki rumah layak termasuk toilet pribadi tergolong tercatat sebagai warga miskin.

“Bantuan ini diluncurkan untuk mengatasi kemiskinan ekstrem di Kukar,” kata Edi.

Edi menyadari, tugas mengatasi kemiskinan ekstreem, salah satunya lewat bedah rumah dan pembangunan toilet pribadi masih panjang.

Oleh karena itu, ia menugaskan camat, Dinas Permukiman Kukar menginventarisasi warga di Kukar yang belum memiliki rumah layak dan toilet pribadi.

Bupati bertekad, program pengentasan kemisikinan ekstreem lewat program Kukar Idaman ini bisa terus berlanjut di masa mendatag.

“”Pemkab Kukar akan terus berupaya melakukan yang terbaik bagi masyarakatnya agar kemiskinan di Kukar bisa berkurang setiap tahunnya,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)