Foto: ilustrasi lampu PJU 

TANJUNG REDEB, – Meski memiliki keuangan yang cukup mempuni, namun nanyatanya masih banyak wilayah di sekitar wilayah perkotaan yang belum memiliki Penerangan Jalan Umum alias PJU. Kondisi inipun acap kali dikeluhkan warga lantaran rawan terjadi tindak kriminilitas.

Hal inipun menjadi sorotan Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman. Dikatakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, tahun 2024 mendatang anggaran yang dikucurkan untuk pemasangan PJU mencapai Rp 20 miliar. Besarnya alokasi pemasangan PJU ini diharapkan nantinya bisa mengtasai jalanan yang gelap gulita kala malam hari.

“Pemasangan PJU ini anggarannya lumayan besar, semoga di tahun realisasi anggarannya nanti bisa segera diselesaikan persoalan PJU yang belum merata ini,” ujarnya.

Meski anggaran cukup besar, Sakirman menyebut ia belum mengetahui perihal pengawasan PJU apakah menjadi tanggungjawab pihaknya atau justru langsung dari pihak PLN.

Namun ia berharap seluruh titik jalan yang belum terpasang PJU dapat segera dilakukan pemasangan agar masyarakat dapat menikmati penerangan jalan, khususnya di daerah-daerah rawan kecelakaan dan kejahatan.

“Semoga dengan besarnya anggaran untuk PJU ini tidak ada lagi jalanan yang gelap, semua terpasang penerangan. Karena penerangan ini sangat penting dan dibutuhkan masyarakat. Apalagi di jalanan yang rawan terjadi kecelakaan serta tindak kriminalitas. Saya akan terus memantau bagaimana perkembangan pemasangan PJU ini nantinya,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Hendra Irawan