KUKAR,- Petani di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kukar, Sunarto semakin semangat bertani karena mendapat kepedulian dari Pemkab Kukar. Hal ini dia nilai karena kinerja Pemkab Kukar semakin baik di bidang pertanian. Usulan bantuan alat pertanian yang sebelumnya panjang dan melelahkan kini semakin mudah.

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” kata Sunarto usai menerima bantuan alat pertanian dari Pemkab Kukar yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, Selasa, 3 Oktober 2023 di desanya.

Sunarto dan para petani di kampungnya berjanji, bantuan yang diberikan Pemkab Kukar hari itu akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya merealisasikan program pemkab menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Provinsi Kaltim dan Ibu Kota Nusantara.

“Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin berjanji pemerintah terus berkomitmen membantu petani daerah. Dukungan nyata dibuktikan dengan sejumlah paket pengembangan pertanian berbasis kawasan sebesar Rp 800 miliar hingga Rp 1 triliun dari Pemkab Kukar.

Dukungan ini sambung Rendi karena beberapa kecamatan di Kukar telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Rendi mengungkapkan anggaran ratusan miliar itu diperuntukkan di tiga program.

Meliputi jalan usaha tani, pembangunan embung, pengadaan pupuk dan modernisasi alat pertanian.

“Tiga hal pokok ini menjadi perhatian kami mendukung pertanian daerah,” tutup Rendi. (*adv/diskominfokukar)