Foto: Ilustrasi Bank Sampah

KUKAR,- Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara berinovasi mengurangi penumpukan sampah rumah tangga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Salah satunya dengan pembuatan bank sampah.

Lurah Loa Ipuh, Erri Suparjan menjelaskan, inovasi menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat ini akan melibatkan rukun tetangga (RT).

Secara teknis, kelurahan akan membentuk bank sampah di masing-masing RT. Nantinya, RT akan mendorong masing-masing rumah tangga memilah sampah di lingkungan masing-masing.

“Targetnya ada 30 persen pengurangan tumpukan sampah rumah tangga di TPA,” jelasnya, pada Sabtu, 30 September 2023.

Jika tak ada hambatan, program ini akan segera dijalankan dalam waktu dekat. “Mungkin di awal Oktober 2023 ini kita akan bergerak untuk memulai optimalisasi pengelolaan sampah di kelurahan,” jelasnya.

Diketahui dari lurah itu pula, sementara Kelurahan Loa Ipuh telah memiliki dua bank sampah aktif sejak beberapa tahun belakangan. Masing-masing dikelola oleh warga dan pihak swasta.

“Agar sampah rumah tangga bisa di kelola optimal, jadi kita akan bentuk lagi bank sampah di tiap-tiap RT, tahun ini,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)