TANJUNG REDEB – Upaya peningkatan jumlah penduduk ber-KTP elektronik (KTP-el) terus digenjot Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau. Termasuk dengan melakukan jemput bola.

Jika sebelumnya melakukan jemput bola di kecamatan, kini Disducapil Berau kembali meluncurkan program layanan Perekaman KTP-el Khusus Pelajar (PAKAR). Berbeda dengan tahun sebelumnya, perekeman KTP-el khusus pelajar tidak dilaksanakan di sekolah tapi diadakan di Kantor Disdukcapil Berau.

“Karena situasinya masih dalam kondisi pandemi COVID-19 di mana sekolah SMA di Kabupaten Berau belum melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah,” ujar Kadisdukcapil Berau David Pamuji, Minggu 29 Agustus 2021.

Kegiatan perekaman KTP-el bagi pelajar ini juga hanya dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.  Terkecuali untuk sekolah yang jauh dari pusat layanan perekaman maka pihaknya tetap akan melakukan jemput bola ke sekolah tersebut.

Pada tahap pertama pelaksanaan program PAKAR ini, setidaknya ada 4 sekolah SMA melakukan perekaman KTP-el. Di antaranya SMA Negeri 1 Berau, SMA Negeri 4 Berau, SMK Sehat Persada dan SMK Muhammadiyah.

“Dari 4 sekolah itu, ada 5 pelajar yang yang telah melakukan perekaman tetapi belum dapat dicetak KTP-el-nya dikarenakan belum masuk usia 17 tahun serta permohonan KTP-el. Ada juga warga umum sebanyak 8 orang,” bebernya.

Perekaman KTP-el bagi pelajar di akhir pekan itu dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 14.00 Wita dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Mantan Camat Talisayan itu berharap dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya warga yang sudah usia wajib KTP-el untuk segera melakukan perekaman KTP agar memudahkan mendapatkan pelayanan publik pada pihak pengguna seperti Bank, BPJS, Pajak dan lainnya.

“Dalam situasi pandemi seperti saat ini, kami ingin layanan Disdukcapil tetap sampai ke masyarakat. Artinya pandemi bukan halangan untuk kami memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.(*/adv)

Editor: RJ Palupi