Foto: Mobil pemadam kebakaran milik BPBD Berau yang perlu peremajaan dan penambahan. 

TANJUNG REDEB- Ketua Komisi I DPRD Berau, Fery Kombong turut menyoroti keterbatasan unit dan personil yang di hadapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Berau saat ini.

Kekurangan personil hingga unit yang di miliki BPBD, menurutnya sangat berpengaruh pada kinerja dan operasional di lapangan. Apalagi, dengan luasan Berau yang besar, dan semakin padatnya hunian di berbagai wilayah, tentu memerlukan peralatan dan SDM yang maksimal.

Dari beberapa kejadian kebakaran beberapa waktu misalnya, keterbatasan peralatan dan kurangnya personel kerap jadi hambatan. Ada juga alat yang tidak berfungsi maksimal.

“Harus ada peremajaan, hingga penambahan personel. Supaya upaya penanggulangan berjalan maksimal. Janga ditunda lagi” katanya.

Menurutnya, Pemkab Berau harus memberikan prioritas untuk kebetuhan BPBD Berau. Sebab, OPD tersebut merupakan ujung tombak penanganan dan pencegahan dampak dari potensi bencana di daerah.

“Mereka harus disupport, terutama peralatan yang digunakan dan dibutuhkan. Karena tidak ada yang tahu, kapan bencana akan datang,”ujarnya.

Dirinya juga menyebut, akan membahas persoalan ini dengan pihak terkait, khsusunya BPBD, dan Pemkab Berau, sejauh mana peran dan kendala yang dihadapi BPBD Berau, selama ini.

“Saya kira ini penting. Memang tidak semua usulan bisa diproses dan direalisasikan. Tapi, menyangkut keselamatan masyarakat, tetap harus diperjuangkan,” pungkasnya. (/ADV).