Foto: Karyawan BUMA Lati saat peringati hari buruh yang diperingati pada 1 Mei.

TANJUNG REDEB,- Peringatan Hari Buruh diisi berbagai kegiatan positif di lingkungan PT Bukit Mandiri Makmur Utama (BUMA). May Day menjadi momen silaturahmi antara manajemen BUMA Lati dengan serikat buruh dan serikat pekerja. Caranya lewat event May Day Sport yang terdiri dari lima turnamen olahraga. 

Selama sehari penuh, Senin, 1 Mei 2023, perusahaan kontraktor pertambangan di Berau itu mengadakan turnamen futsal, voli, biliar, bulutangkis, dan catur. Seluruh peserta turnamen adalah perwakilan serikat buruh dan serikat pekerja. Mereka antusias mengikuti May Day Sport di Sport Centre BUMA Lati. Sejumlah hadiah menarik yang bermanfaat bagi serikat buruh dan serikat pekerja juga disediakan.

“Hari Buruh merupakan momen yang penting bagi pekerja di seluruh dunia. Hari untuk merayakan perjuangan para aktivis buruh yang telah memperjuangkan hak-hak pekerja yang layak dan adil,” terang Business Support Manager BUMA Jobsite Lati, SG Rajagukguk.

Ia menambahkan, May Day Sport merupakan ajang silaturahmi yang produktif antara manajemen BUMA Jobsite Lati dengan serikat buruh dan serikat pekerja. Harapannya, semua pihak terus berkolaborasi menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. 

Lima serikat buruh dan serikat pekerja berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kelimanya yaitu Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Serikat Pekerja Tambang BUMA (SPTB), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Federasi Buruh Indonesia (FBI), Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI). Setiap serikat mengirimkan peserta dan panitia lomba yang khusus bagi karyawan berstatus off atau cuti agar tidak mengganggu operasional.

SG Rajagukguk melanjutkan, BUMA telah banyak mengambil inisiatif untuk mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Mulai penyediaan fasilitas mendasar sesuai regulasi hingga tambahan benefit kepada pekerja di luar hak normatif. BUMA, sambungnya, terus berupaya memenuhi hak-hak karyawan melalui hubungan industrial yang baik. 

“Perusahaan juga memfasilitasi kebutuhan karyawan melalui kegiatan pelibatan sosial. Diharapkan memotivasi dan meningkatkan keterlibatan karyawan dalam pengembangan bisnis BUMA saat ini dan pada masa mendatang,” jelasnya.

Melalui May Day Sport, perusahaan berharap keharmonisan hubungan industrial BUMA dan seluruh pekerja dapat terus terjaga. SG Rajagukguk mengucapkan terima kasih kepada seluruh serikat pekerja dan serikat buruh di BUMA Lati. Pekerja sebagai mitra perusahaan telah mendukung berjalannya operasional dengan selamat. 

“Mari kita terus mengampanyekan pesan-pesan keselamatan kepada seluruh rekan-rekan sesama pekerja,” tutupnya. (*)