Penulis : admin

Foto: Wakil Bupati Berau Gamalis saat meninjau pelaksanaan Pilkakam di Kampung Sei Bebanir Bangun

TANJUNG REDEB – Sebanyak 28 kampung dari 9 Kecamatan hari ini Selasa (2/10/2021) menggelar  pemilihan kepala kampung (Pilkakam) serentak.  Setelah sempat terancam ditunda akibat gelombang kedua covid-19, ke 28 kampung ini direstui untuk menggelar Pilkakam. Wakil Bupati Berau, Gamalis secara khusus meninjau sejumlah lokasi pemilihan.

Salah satu lokasi ditinjau yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS) 2 Kampung Sei Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung. Ia menegaskan, dengan toleransi kegiatan yang diberikan pemerintah menjadi sebuah amanah di masa pandemi untuk melaksanakan pesta demokrasi tingkat kampung ini dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagaimana diatur pemerintah pusat. Ia melihat proses pemungutan suara mulai dari kedatangan pemilih sampai proses pencoblosan.

“Kita mau memastikan semua tahapan pelaksanaan Pilkakam hari ini berjalan dengan baik terutama soal protokol kesehatannya,”ujarnya.

Penerapan protokol kesehatan menjadi atensi utama dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebab, melandainya penularan Covid-19 saat ini diakuinya banyak warga yang terlena. Dikhawatirkan ini akan menjadi pemicu munculnya gelombang ketiga.

“Makanya kita ingin memastikan tidak ada celah munculnya gelombang ketiga di Berau,”tegas Gamalis.

Kampung Bebanir Bangun sendiri, kata Gamalis pelaksanaan Pilkakam diikuti lima calon dan lima TPS. Sementara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat mencapai 3.057 orang.

Dari pantauan langsung, Gamalis menyimpulkan upaya keras panitia sangat berhasil baik pelaksanaan Pilkakam maupun prosesnya yang menerapkan Protokol kesehatan. Bukan hanya Sei Bebanir Bangun, pemantauan ini juga dilaksanakan di Kampung Maluang Kecamatan Gunung Tabur.

“Semoga semua berjalan lancar dan tidak ada klaster dari Pilkakam ini,”tandasnya.(*/rie)

Editor: RJ Palupi