Penulis : admin

TANJUNG REDEB- Progres vaksinasi tahap 1 kabupaten Berau mencapai 50 persen lebih. Angka kasus Covid-19 terkonfirmasi juga terjun bebas. Saat ini tersisa 11 kasus aktif. Namun status Berau belum bergeser dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Ditengah upaya pemerintah berupaya meningkatkan progres, juga terbesit harapan adanya penurunan status dari level 3 ke 2 atau dibawahnya lagi.

Wakil Bupati Berau Gamalis mengungkapkan, berdasarkan data hingga awal November ini progres vaksin tahap 1 mencapai 51,21 persen untuk dosisi pertama. Sedangkan dosis 2 33,08 persen.

“Alhamdulilah progres vaksinasi kita melewati angka 50 persen sejak awal November ini. Kemudian wilayah zona hijau di Berau sudah 10 kecamatan dan 3 kecamatan sisanya zona kuning,”ungkapnya, Kamis (04/11/2021).

Tentunya harapan bersama Berau akan segera terbebas dari PPKM level 3. Ia juga meyakini dengan capaian program vaksinasi dirambah dengan nihilnya kasus baru bisa merubah status PPK di Berau bahan bisa langsung level 1 atau kemungkinan menjadi zona hijau

“Kenapa tidak mungkin, kita sudah sangat-sangat rendah hanya 11 kasus aktif dari total 248 ribu jiwa. Itu bahkan tidak sampai 0,1 persen dari jumlah penduduk,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi menyebutkan,bahwa progres program vaksinasi bukan satu-satunya indikator yang menjadi dasar penurunan level PPKM.

Menurutnya ada banyak indikator yang dilihat,dihitung dan dipertimbangkan oleh pemerintah pusat. Termasuk di Berau yang sudah mencapai 51,21 persen, juga dengan capaian penurunan angka kasus aktif, belum menjadi alasan mutlak turun level.

“Indikatornya banyak, matematikanya itu nggak jelas. Oh ini yang bisa menjadi dasar turun ke level tiga, dua atau satu. Karena ini perlu analisa dan sebagainya. Tapi mudah-mudahan bisa ke level lebih rendah dari yang sekarang,”tutupnya.(*)

Reporter: Syaifuddin

Editor: RJ Palupi