Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Semarak Hari Ulang Tahun HUT ke 19 Karang Ambun, Kabupaten Berau meluncurkan Program Kelurahan ‘Pasti Keren’ alias Peduli, Sayang, Perhatian pada Kelompok Rentan.

Pekan perayaan HUT ke 19 Kelurahan Karang Ambun berlangsung meriah. Mulai acara pembinaan perempuan dan anak, donor darah, lomba tradisional, jalan santai, hingga lomba jajanan lokal dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi rangkaian acara yang digelar sejak Rabu, 3 Juli 2024 lalu.

Puncaknya, digelar di Kantor Kelurahan Karang Ambun, di Jalan HM Thaib, Karang Mulyo, pada Minggu (7/7/2024) yang dihadiri puluhan warga yang memadati kantor kelurahan dan diramaikan dengan kehadiran Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Saat ditemui awak media, Lurah Karang Ambun, Muliana, mengatakan pada perayaan tahun ini yang menjadi spesial, yakni diluncurkannya program Kelurahan ‘Pasti Keren’ (Peduli, Sayang, Perhatian pada Kelompok Rentan).

Dimana, kelurahan tersebut akan dibuat aman dan senyaman mungkin bagi kaum perempuan, anak, kelompok lanjut usia dan disabilitas saat selama berada di Karang Ambun.

“Kami ingin, kelompok rentan ini mendapatkan pelayanan yang sama dengan kelompok lain seperti biasanya,” kata Yana.

Sebagai lurah baru yang dilantik pada tahun ini, Yana ingin memberikan manfaat yang nyata bagi warga. Karena itu bersama anggota di kelurahan berkomitmen untuk menghadirkan petugas yang ramah dan baik dalam setiap melayani masyarakat.

“Kami ingin terus bermanfaat untuk warga kami, Karang Ambun,” tuturnya.

Dalam realisasinya, saat ini telah berjalan program anti bullying alias perundungan terhadap anak. Dimana tim tersebut diisi para tenaga yang bekerja di kelurahan dan tokoh masyarakat serta guru pengajar di sekolah.

Lalu, untuk lansia dan disabilitas, pihaknya memastikan di dalam kantor kelurahan dapat diakses oleh kelompok rentan yang ingin menyelesaikan urusan administrasi kependudukan.

Sementara, kaum perempuan disediakan ruang khusus untuk ibu-ibu menyusui maupun ruang laktasi untuk memastikan anak diberikan ASI saat berada di kantor lurah.

“Semua saat ini telah berjalan dengan baik,” ucapnya.

Lurah Yana berharap, ke depan pemerintah daerah termasuk dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, dapat terus memberikan dukungan kepada Kelurahan Karang Ambun, agar terus konsisten dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri dalam hal ini. Maka itu, kami mohon dukungan pihak lainnya,” harapnya.

Dalam gelaran puncak HUT Karang Ambun itu, pihak kelurahan juga membagikan secara khusus 109 tong sampah dari DLHK Berau untuk 19 RT yang ada di Karang Ambun.

Selain itu, pihaknya juga memberikan secara gratis sebanyak 350 bibit tomat dan lombok untuk dapat ditanam secara mandiri di pekarangan tempat tinggal masing-masing warga.

“Kami ingin di lingkungan ini bisa bersih dan warga kami sehat-sehat,” harapnya.

Dalam puncak acara, ditutup dengan pembagian doorprize kepada para pengunjung dan pertunjukan fashion show barang olahan dari anak-anak di Karang Ambun. (*/ADV)