Penulis : admin

TANJUNG REDEB, – Pembangunan dari pinggir diketahui menjanji bagian dari janji kampanye Bupati dan Wakil Bupati Berau. Janji itu harus direalisasikan. Tujuannya agar pemerataan pembangunan dapat tercapai.

Terkait hal itu, Anggota Komisi I DPRD Berau, Suharno mengingatkan Pemkab Berau untuk tidak melupakan janji itu. Karena itu, program-program yang telah dicanangkan harus direalisasikan sesuai janji kampanye itu.

“Itu janji kampanye. Bahwa pembangunan dimulai dari pinggiran. Sedangkan di kota hanya pembenahan. Dan itu harus dibuktikan,” jelasnya.

Diakuinya, selama ini realisasi janji itu belum sepenuhnya berjalan maksimal. Berbagai preseden menunjukkan ada ketidaksinkronan antara janji dan dan realisasi. Masalah di bidang pendidikan dengan segudang keluhan yang masih ada membuktikan hal itu.

“Makanya saya minta Pemkab berau untuk dapat berbenah dalam melaksanakan programnya ke depan. Karena kalau membangun dari pinggir, pembangunan harus sampai ke kampung-kampung,” terangnya.

Untuk menuntaskan janji itu, fungsi perencanaan menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, dalam perencanaan berbagai hal akan dipikirkan. Mulai dari anggaran, persoalan teknis pembangunan, tujuan yang hendak dicapai dan sebagainya.

“Karena anggaran yang tidak efektif dan tidak berorientasi pada kinerja akan dapat menggagalkan perencanaan yang telah disusun. Dan anggaran itu harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat,” imbuhnya.

Suharno berharap, janji kampanye itu dapat ditepati. Program-program yang dilaksanakan juga harus diselaraskan dengan anggaran daerah. Begitupula dalam realisasinya, harus tepat sasar dan menyentuh kebutuhan dasar masyarakat.

“Harus bisa direalisasikan. Jika ini terjadi maka telah menjadi suatu langkah tepat dalam pelaksanaan misi berbasis kinerja dan berkarakter,” tandasnya.(adv)

Reporter: Hendra