Penulis : admin

TANJUNG REDEB – 14 Kepala Kampung di Kecamatan Kelay kompak menyampaikan usulan pembangunan sarana telekomunikasi yang memadai di kecamatan Kelay. Usulan itu disampaikan langsung kepada Bupati dan wakil bupati Berau saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kelay belum lama ini.

Dikatakan Camat Kelay Torin, sudah cukup lama warga yang berada di kecamatan Kelay ingin sejajar dengan masyarakat di kecamatan lain. Bukan hanya harapan memiliki infrastruktur yang baik, tetapi juga bisa menikmati  sarana telekomunikasi yang memadai tanpa harus memanjat tebing atau menara menara darurat buatan warga.

“Jangankan di kampung yang ada di pedalaman, di pusat kecamatan Kelay saja signal tidak stabil. Kadang ada kadang tidak,” ujarnya belum lama ini.

Di tengah arus digital yang semakin pesat, warga Kecamatan Kelay kerap ketinggalan informasi dan program pemerintah yang banyak disampaikan melalui media massa elektronik. Selain itu, tuntutan setiap kepala kampung untuk melaporkan kegiatan secara online menjadi terhambat.

“Ada memang sinyal dari internet kampung tapi kan biayanya sangat besar,”sebutnya.

Apalagi, saat ini bukan hanya pemerintah desa dan kecamatan yang butuh internet. Di situasi pendemik yang tak kunjung reda, belajar secara online juga masih harus dilakukan.

Selama ini, kata dia, masyarakat pedalaman sudah sangat terbatas dalam mengenyam pendidikan. Dengan adanya pandemi mereka harus belajar online, tetapi sinyal tidak menjangkau rumah rumah mereka.

“Kalau begini terus kapan SDM kami di Kelay bisa berkembang. Di bawah kepemimpinan bupati dan wakil bupati yang baru semoga program internet gratis itu bisa terwujud,”harapnya.

Sementara, wakil Bupati Berau Gamalis yang mendengar usulan dan harapan dari 14 kepala kampung dan pemerintah kecamatan berjanji akan mewujudkan usulan tersebut. Tetapi kata dia semua harus dilakukan perlahan.

“Ini juga menjadi keresahan saya pribadi bersama bupati. Di sisa masa jabatan kami 18 program kami salah satunya internet gratis sangat ditunggu warga pedalaman. Kami berusaha mewujudkan,”tutupnya.(tim)