Reporter : Sulaiman
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Proyek Pengaspalan Jalan Kampung Semurut Rampung, Kecamatan Tabalar, Kabupaten Berau sudah rampung. Umi Sri (Bupati Sri Juniarsih), berharap semoga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur jalan di Kampung Semurut, dikerjakan pada Februari 2024 lalu, kini telah selesai dan dapat dilintasi warga.

Jalan aspal sepanjang sekitar 1,2 kilometer tersebut, diketahui menelan anggaran senilai Rp7,2 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Jalan Mendukung Peningkatan dan Konektivitas (Non Tematik).

Diketahui, selain pengaspalan, bahu jalan pun dilengkapi dengan tepi beton yang dapat menahan aspal agar tidak pecah dan mengokohkan aspal di badan jalan.

Terlihat sebelumnya sebagian jalan belum terlapisi aspal.

Bupati Sri bilang, pembangunan kawasan pesisir selatan Berau tersebut, merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam memberikan fasilitas jalan yang layak bagi masyarakat.

“Ini sudah dikebut sejak awal tahun. Alahmadulillah, sudah selesai,” ucapnya.

Dengan semakin mudahnya akses masuk kampung dari jalan poros menuju pusat kecamatan, diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat di Kampung Semurut.

“Semua infrastruktur yang dibangun, tujuannya ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Diharapka, ke depan masyarakat di Kampung Semurut dapat tampil sebagai daerah kampung yang memunculkan potensi kampung agar bisa menjadi pilihan saat tingginya kunjungan wisatawan ke pesisir.

Sehingga, tidak hanya warga di ujung pesisir Berau saja yang kebagian pendapatan dari wisata, namun daerah sekitarnya pun akan turut tumbuh dari sisi ekonomi dan sosial masyarakat.

“Semoga aspal itu nanti bisa dilanjutkan hingga sampai masuk ke dalam kawasan pemukiman,” harapnya. (*/ADV)