Penulis : admin

TANJUNG REDEB-Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Berau resmi menutup pendaftaran CPNS untuk tahun 2021 terhitung Senin, 26 Juli 2021. Ada sekitar 2.700 lebih pendaftar untuk semua formasi yang ada.

Plt Kasi Kepangkatan dan Aparatur Badan kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Indriati, pendaftar CPNS tahun ini bukan hanya dari Berau. Tapi juga diikuti peserta dari daerah lain. Seperti Samarinda, Balikpapan, dan daerah terdekat lain.

“Bahkan ada yang dari Pulau Jawa dan Sulawesi. Jadi tidak hanya untuk Berau saja, dari daerah lain juga banyak,” jelasnya, Kamis, 29 Juli 2021.

Untuk diketahui, jumlah formasi CPNS tersedia di Berau pada 2021 sebanyak 290 orang. Terdiri dari 244 orang tenaga kesehatan, 40 orang tenaga teknis, dan orang khusus penyandang disabilitas.

Khusus untuk disabilitas, jumlah pendaftarnya tidak banyak. Akan tetapi, peserta disabilitas diperbolehkan mendaftar melalui tes CPNS umum. Sedangkan untuk umum tidak boleh mendaftar melalui jalur disabilitas.

“Jadi dari banyaknya pendaftar masuk akan disaring menjadi 290 orang. Sesuai formasi yang ada. Kalau jumlah disabilitas saya lupa berapa, kalau sehari sebelum penutupan itu, kalau tidak salah ada 3 orang,” katanya. 

Dari banyaknya berkas yang masuk sistem, akan dilakukan verifikasi berkas atau seleksi administrasi, guna menentukan lulus dan tidak lulusnya berkas diajukan peserta. Pengumuman seleksi administrasi akan dilaksanakan 2 Agustus mendatang.

Diterangkannya juga, seleksi administrasi ini merupakan tahap awal. Seleksinya pun dilakukan BKPP Berau selaku instansi daerah dalam melakukan verifikasi sesuai aturan dan petunjuk dari pemerintah pusat. Karena untuk di daerah, BKPP yang menjadi perpanjangan tangan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Ini masih seleksi tahap awal. Setelah pengumuman seleksi administrasi, baru ke tahap selanjutnya. Karena proses seleksi CPNS ini cukup panjang. Belum lagi, seleksi kompetensi dasar, kompetensi bidang,” terangnya.

Selain pendaftaran CPNS yang ditutup, pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) juga ditutup di hari yang sama. Setidaknya ada sekitar 900 lebih pendaftar memperebutkan 597 formasi P3K untuk tenaga pendidik di Kabupaten Berau.

Dipastikannya, semua proses maupun tahapan yang dilakukan sesuai dengan aturan sesuai pedoman yang diberikan. “Yang jelas semua seleksi dilakukan secara transparan dan sesuai aturan berlaku,” pungkasnya. (*)

Editor: Bobby Lalowang