TANJUNG REDEB – Pemerintah Kampung Pulau Derawan, Kabupaten Berau saat ini sedang bersiap menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Sandiaga Salahuddin Uno.

Sesuai janji Menparekraf,  bahwa pihaknya akan mengujungi semua desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Sehingga beberapa hal perlu dipersiapkan dalam menyambut kunjungan Menparekraf, terutama kesiapan Desa Wisata Pulau Derawan sebagai lokasi utama yang akan dikunjungi Mas Menteri.

Sementara, Kepala Kampung (Kakam) Pulau Derawan, Indra Mahardika, mengatakan terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Kepala Kampung Pulau Derawan Kabupaten Berau, Indra Mahardika.

Salah satunya kelengkapan administrasi, daya tarik wisata dan juga pembuatan video promosi terkait wisata Pulau Derawan.

“Sebenarnya, kalau video trone ataupun promosi kita sudah ada, tapi perlu dibuat yang baru lagi dan penerapan Sapta Pesona,” katanya kepada berauterkini.co.id, Rabu (12/6/2024).

Pihaknya, juga melakukan pembersihan di area Objek Wisata Pulau Derawan serta infrastruktur lainnya, seperti toilet umum, tempat sampah dan fasilitas umum lainnya.

“Ini sementara dikerjakan dan dikebut sampai Oktober,” ujarrnya.

Terkait dengan kunjungan itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Salah satunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, perihal teknis kedatangan Menparekraf ke Pulau Derawan.

Sebab, ada beberapa yang dinilai salah satunya mulai daya tarik wisata, digitalisasi, kelembagaan dan yang lainnya.

Kakam Indra Mahardika berharap, dengan adanya kunjungan Kemenparekraf nanti, dapat menambah minat para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Derawan, sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kampung.

“Untuk itu, kami fokus pada tahun ini. Dari lebaran kemarin, seluruh penginapan dan resort wajib melaporkan jumlah pengunjungnya,” ungkapnya. (*)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h