TANJUNG REDEB – Memaksimalkan pelayanan kesehatan di daerah Pesisir Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan membenahi Rumah Sakit (RS) Pratama di Talisayan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, saat melakukan peninjauan ke fasilitas kesehatan terbesar di 5 Kecamatan Pesisir Selatan itu, menyebutkan bahwa banyak hal yang harus dibenahi.

Seperti perbaikan beberapa ruangan yang mulai rusak, usulan renovasi ruang operasi. Ada juga ruang perawatan yang hanya tersedia 38 kasur. Sementara total fasilitas yang ada mencapai 50 kasur.

“Setelah dicek, memang perlu ada peningkatan. Ini sudah kami komunikasikan dengan Dinas Kesehatan untuk segera ditindaklanjuti,” jelas Bupati Sri.

Ditegaskan, fasilitas kesehatan mutlak untuk dilakukan peningkatan, terlebih RS Pratama merupakan fasilitas yang begitu penting di Pesisir Selatan Berau yang terdiri dari 5 kecamatan.

“Ini bentuk upaya kami dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat di Pesisir Selatan Berau,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Berau, Lamlay Sarie, menyampaikan untuk peningkatan RS Pratama akan segera dilakukan Studi Kelayakan (DED) atau Fisibility Study (FS).

Adapun untuk tahun ini, tetap akan dilakukan pembebahan di rumah sakit tersebut. Hanya perbaikannya masih sebatas pembenahan-pembenahan dalam skala ringan.

“Kalau pembenahan besarnya memang belum bisa tahun ini, karena masih ada proses lain yang harus dilakukan, terutama pembuatan perencanaan,” terang Lamlay. (*)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h