TANJUNG REDEB – Lagi, setelah berhasil membereskan permasalahan sampah, di tempat penampungan sementara (TPS) sampah di Jalan Mangga III Kelurahan Gayam, warganya kembali melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan kampung di Jalan Karang Ambon, Minggu (3/3/2024) pagi.

Gotong-royong itu melibatkan warga, pemerintah kampung hingga pemerintah daerah dalam membereskan masalah kebersihan lingkungan di kampung yang bersisian langsung dengan aliran Sungai Segah.

Sebanyak tiga titik yang dibereskan dalam gotong royong tersebut yang terbagi di 2 RT, yakni RT 3 dan 5.

Tepatnya, di sepanjang Jalan Benua Etam drainase di depan Masjid Ar-Royan, Gang Rawa 3 dan Jalan Nusantara.

Lurah Gayam Purwawijoyo, menyatakan gotong royong tersebut merupakan usulan yang disuarakan warga yang mengaku risih dengan tumpukan sampah di drainase atau parit jalan.

“Ini gagasan warga yang menggerakkan warga lainnya,” kata pria yang akrab disapa Pur tersebut.

Gerakan yang telah terlaksana sebanyak dua kali dalam masa jabatannya yang memasuki hampir dua bulan. Menurut Pur, perlu konsistensi dalam menjaga kegiatan positif yang digagas warga.

Karena itu, pihaknya bakal menjadikan program gotong royong menjadi program penting yang masuk dalam kegiatan bulanan warga Gayam.

Pemerintah kelurahan bakal menjadi motor penggerak utama yang diharapkan dapat memecut semangat warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Semoga ini menjadi budaya positif yang ada di dalam lingkungan warga Gayam,” harapnya.

Sang Lurah Gayam ini, menghaturkan terima kasih atas terbangunnya kesadaran akan kebersihan di tengah warga Gayam yang mau terjun langsung membantu membersihkan lingkungan tempat tinggalnya.

Pur mengapresiasi atas kesigapan pasukan oranye yang turut membantu warga untuk mengangkut sampah yang keruk dari sepanjang drainase.

“Ini kolaborasi yang baik. Kerja teman-teman nyata di lapangan buat menjaga kebersihan tempat tinggalnya,” ujarnya. (*)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h