TANJUNG REDEB – PT Berau Coal kembali berhasil mengantongi penghargaan pada ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2024.

Acara tersebut diselenggarakan di Bali dengan mengangkat tema “Komunikasi yang Menginspirasi Peradaban” pada Kamis, (7/3/2024) lalu.

Untuk diketahui, PRIA merupakan salah satu kompetisi kehumasan atau Public Relations (PR) terbesar di tanah air.

Penyelenggaraan PRIA ini merupakan yang kesembilan kalinya. Tahun ini, PRIA menerima 699 karya dari 219 institusi.

Karya-karya tersebut terentang dalam berbagai kategori, seperti Owned Media, Kanal Digital, Manajemen Krisis, Laporan Tahunan, Program PR, Departemen PR, dan Komunikasi CSR.

Setidaknya, 16 juri yang berkompeten dibidangnya diterjunkan untuk menilai seluruh karya Public Relations (PR), baik dari kalangan praktisi PR senior, jurnalis, akademisi, hingga PR Guru. Penjurian sendiri berlangsung selama empat hari, dari tanggal 23 hingga 26 Januari 2024.

Corporate Communication Superintendent PT Berau Coal, Rudini, mengatakan Berau Coal berhasil meraih tiga penghargaan dalam tiga kategori PRIA 2024.

Pertama, katanya, kategori PR, Sub Kategori Program Corporate PR. Kedua, kategori Kanal Digital, Sub Kategori Media Sosial Youtube. Ketiga, kategori Kanal Digital, Sub Kategori Media Sosial Tiktok.

“Alhamdulillah. Ini kali kelima PT Berau Coal mendapatkan penghargaan di ajang PRIA. Ini penghargaan atas kinerja kehumasan perusahaan,” jelasnya.

Hal ini menjadi momentum untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja program-program kehumasan yang kreatif, inovatif dan efektif serta informatif dan relevan bagi para stakeholder, sehingga berdampak positif pada reputasi perusahaan.

Apalagi di era komunikasi digital ini, pihaknya terus berupaya untuk menyesuaikan kanal yang relevan dengan audiens saat ini yaitu kanal digital.

“Melalui penghargaan ini, kami mendapat apresiasi pada program korporat PR dan dua program kanal digital,” jelasnya.

” Alhamdulillah. Program-program tersebut diapresiasi dan kami juga senang mengikuti ajang ini, karena mendapat evaluasi dan masukan untuk perbaikan berkelanjutan ke depan. Terima kasih untuk seluruh dewan juri PRIA”, tambahnya.

Sementara itu, Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan, mengapresiasi para peserta PRIA tahun ini. Terutama mereka yang telah mengikuti kompetisi di tahun sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan kualitas.

Disebutkan, inovasi program PR yang dilakukan makin relevan dengan kebutuhan dan target sasaran.

“Pemenang PRIA adalah mereka yang mampu menunjukkan gagasan-gagasan segar dan berani mengambil inisiatif untuk lebih inovatif dan kreatif,” katanya.

Asmono, juga mengucapkan selamat atas prestasi kehumasan yang diraih Berau Coal. Pesannya, terus berkarya dan terus bekerja untuk bangsa.

Selain itu, tidak lupa mengingatkan bahwa tantangan komunikasi ke depan akan semakin kompleks, sehingga diperlukan pengembangan strategi komunikasi yang kreatif dan inovatif.

“Rawatlah komunikasi yang strategis dan terukur untuk benar-benar memastikan bahwa kinerja komunikasi yang dilakukan berdampak pada reputasi perusahaan, sekaligus memberi manfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

“Selamat, terus bekerja dan berkarya untuk kepentingan bangsa dan negara kita tercinta. Maju terus kawan-kawan PT Berau Coal,” ajaknya memberi semangat.

Salah seorang Juri PRIA 2024, Fardila Astari, menyampaikan bahwa salah satu aspek penilaian yang mendapat perhatian serius adalah strategi komunikasi terstruktur terhadap program PR.

Penmenilaiannya, peserta tahun ini umumnya berhasil menunjukkan objective yang SMART (specific, measurable, achievable, relevant, time-bound) yang terkoneksi dengan masalah dan kemudian ada solusi dari permasalahan tersebut.

Fardila juga memberikan apresiasi atas pencapaian PT Berau Coal pada PRIA tahun ini.

“Selamat untuk pencapaiannya di PR Awards 2024. Semoga bertemu lagi di PR awards 2025 dengan hal-hal yang lebih inovatif, kreatif dan inspiratif dari komunikasi yang dikembangkan,” tuturnya seraya berpesan. (*ADV)

Reporter : Hendra Irawan

Editor : s4h