Penulis : admin

Foto: Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir

TANJUNG REDEB – Kolaborasi lintas organisasi perangkat daerah hingga organisasi pariwisata dalam menggelar event di Berau, dianggap cukup ampuh dalam meningkatkan perhatian publik untuk mengenal wisata di Berau.

Sama halnya dengan yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu alias DPMPTSP Berau, dalam menggelar Berau EXPO Berau yang dibuka sejak 1 November 2023 lalu.

“Ini model kolaborasi yang ditandatangani dalam MoU kemarin, setiap dinas kerjasama untuk meningkatkan wisata di Berau,” kata Kepala Disbudpar Berau Ilyas Natsir.

Giat tersebut baru dilakukan antar dinas. Belum lagi, kata Ilyas, bila kolaborasi tersebut dilakukan oleh organisasi wisata.

Menurut dia, gerak dari organisasi wisata lebih luwes. Pun demikian dengan ide setiap pelaku wisata. Dianggap lebih moncer lantaran memiliki pengalaman yang luas di sektor wisata.

“Kuncinya memang kolaborasi dan turunkan ego demi pariwisata Berau,” ujar dia.

Event pun dianggap sebagai salah strategi moncer yang masih bisa dijadikan jurus jitu mendatangkan perhatian publik.

Ke depan, tak menutup kemungkinan Disbudpar Berau bakal membuat panggung serupa. Namun, terpenting dapat menyentuh seluruh kalangan dan berimbas ke destinasi wisata di Berau.

“Yang jelas eventnya kolaborasi, kalau pun bukan dari kami. Panggung tetap akan kami manfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Bahkan rencananya pada tahun depan, Disbudpar Berau menyisihkan anggaran khusus untuk event wisata. Sama halnya dengan yang dilakukan pada tahun ini.

“Tidak menutup kemungkinan akan kami libatkan pihak ketiga untuk tingkatkan dunia pariwisata,” ucap dia. (*/ADV)

Reporter: Sulaiman