JAKARTA – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menjadi salah satu pembicara di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2024 yang berlangsung di Magnolia Ballroom Grand Mercure Hotel Jakarta, Selasa (14/5/2024). Dihadapan ratusan peserta Rakornas se Indonesia, bupati memaparkan strategi Kabupaten Berau dalam meningkatkan perpustakaan terakreditasi.

Sri Juniarsih yang juga duta perpustakaan sekolah Kabupaten Berau ini, berbagi trik langkah langkah yang telah dilakukan Pemkab Berau dalam mengembangkan perpustakaan, baik perpustakaan umum, kampung, sekolah hingga perpustakaan khusus yang saat ini telah berjumlah 438 perpustakaan. “kami menargetkan minimal 5% yaitu sebanyak 22 perpustakaan per tahun dapat terakreditasi secara nasional. Untuk tuga tahun terakhir, capaian progress
jumlah perpustakaan yang terakreditasi berkisar 68 persen hingga 86 persen. 2022 terdapat 30 perpustakaan terakreditasi, tahun 2023 49 perpustakaan dan tahun 2024 telah terdapat 65 Perpustakaan terakreditasi oleh Perpusnas RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampikannya, Pengembangan sumber daya manusia melalui peran perpustakaan menjadi perhatian serius Pemkab Berau yang berkorelasi dengan tiga dari 18 program prioritas, mulai dari penyediaan 1000 titik wifi gratis hingga ke kampung, peningkatan insentif bagi SDM, termasuk para tenaga perpustakaan. Maupun mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan berkualitas melalui SDM yang profesional berbasis digital/teknologi.

Untuk mendukung performa perpustakaan di kabupaten Berau telah diterbitkan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati yang dapat memperkuat penyelenggaraan
perpustakaan. Juga menerbitkan Pendirian Perpustakaan yang telah memenuhi syarat. “Hingga saat ini telah ada 75 SK pendirian Perpustakaan. Dukungan kami bukan
hanya berupa kebijakan regulasi/peraturan melainkan juga memberikan kebijakan anggaran yang kami upayakan untuk terus bertambah dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Dengan upaya untuk mengubah performa perpustakaan di Kabupaten Berau, khususnya melalui akreditasi perpustakaan. Pemkab dapat meningkatkan kepercayaan
perpustakaan di kabupaten Berau dan berprestasi baik di Tingkat provinsi Kalimantan Timur hingga Tingkat Nasional. “Alhamdulillah perpustakaan di Kabupaten Berau terus menunjukkan prestasi terbaik,” tandasnya.

Paparan Bupati mendapat apresiasi dari peserta Rakornas. Dipandu moderator, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan RI, Nurhadi Saputra, para peserta antusiasi menyampaikan pertanyaan dan juga memberikan pujian atas program yang telah dilakukan Pemkab Berau dalam mendukung pembangunan bidang perpustakaan didaerah. (RN/Prokopim/adv)