Foto: Asisten 1 Setkab Berau Hendratno kala memberikan penghargaan bagi mahasiswa D3 Poltek Sinarmas Berau Coal. 

TANJUNG REDEB– Politeknik Sinarmas Berau Coal mewisuda 54 mahasiswa yang lulus, untuk program studi Diploma III (D3) dan Diploma IV (D4), di Auditorium Lt 2 Gedung Parapatan Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Selasa (12/12/2023)

Wisuda yang digelar ketigakalinya sejak dibuka Poltek Simas Berau Coal pada 2018 lalu itu, juga dihadiri para petinggi manajemen Berau Coal beserta mitra kerjanya, serta jajaran pengurus Poltek Simas Berau Coal. Kemudian Asisten I Setkab Berau, Hendratno mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih, Kepala LLDIKTI Wilayah XI, Muhammad Akbar.

Direktur Politeknik Sinar Mas Berau Coal, Kris Adi Nugraha mengatakan, adapun 54 wisudawan tersebut terdiri dari 19 orang untuk D4 Teknik Rekayasa Logistik, 18 orang D3 Survei dan Perawatan Mesin, dan 17 orang D3 Survei dan Pemetaan.

“Dari ke 54 orang ini, rerata nilai indeks kumulatif 3,49. Adapun lama studi berkisar 3 tahun untuk D3, dan 4 tahun untuk D4,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, saat ini hampir sebagian besar wisudawan sudah mendapatkan pekerjaan. Pendidikan berbasis vokasi yang menjadi ciri khas poltek, untuk membekali mahasiswanya dengan pengetahuan hard skill dan soft skill.

Kemudian untuk kurikum pembalajaran juga sudah melibatkan semua stakeholder, terutama dunia industri di Kabupaten Berau, para praktisi industri dan asosiasi yang memberikan ruang gerak pada mahasiswa Poltek Simas Berau Coal.

“Sehingganya, ketika lulus, mereka sudah bisa terjun ke dunia kerja. Selamat kepada seluruh mahasiswa yang sudah diwisuda hari ini,” katanya.

Foto: Perwakilan PT BC kala menyerahkan cindera mata bagi mahasiswa yang diwisuda.

Sementara itu, Direktur Operasional & HSE PT Berau Coal, Arief Widhartono mengarakan, dunia industri terus berubah, dan menghadirkan inovasi yang melampaui batas yang sebelumnya dikenal.

Apalagi di jaman sekarang, dunia berada di era Industri 5.0, di mana transformasi digital, konektivitas yang tak terbatas, dan kecerdasan buatan menuntut untuk memahami, dan menyesuaikan diri. Serta mengantisipasi perubahan yang akan datang.

“Persiapkan diri untuk menghadapi tantangan ini. Para wisudawan maupun wisudawati telah diperkenalkan dengan konsep-konsep mutakhir. Teknologi terkini, dan pemikiran inovatif yang menjadi tulang punggung bagi Industri 5.0,” katanya.

Arief juga menyebut, bahwa seluruh Civitas Akademika Poltek Simas Berau Coal telah berperan sebagai pemandu dan membekali para wisudawan dengan pengetahuan yang relevan. Serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia yang terus berubah ini.

“Kini, tugas dan tanggung jawab itu menjadi milik kalian (Wisudawan-wisudawati),” ujarnya.

Tantangan Industri 5.0 memang besar, namun dengan keahlian dan semangat, dirinya percaya bahwa, lulusan Poltek Simas Berau Coal, akan menjadi pionir-pionir yang membawa perubahan positif.

Dia juga berpesan, gelar yang telah diperoleh dapat dijadikan sebagai alat untuk menciptakan dampak positif. Tidak hanya dalam karir pribadi, tetapi juga dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Selamat atas pencapaian yang luar biasa ini. Saya pribadi sangat bangga dengan kesuksesan kalian. Tetaplah belajar, teruslah berkembang, dan hadapilah tantangan-tantangan mendatang dengan keberanian dan tekad,” tandasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kabupaten Berau, Makmur HAPK mengatakan, kehadiran Poltek Simas Berau Coal sebagai bukti nyata perhatian Berau Coal untuk kemajuan dunia pendidikan di Berau.

“Sulitnya mendapatkan SDM unggul, membuat Berau Coal memutar otak. Dan ini hasilnya. SDM Berau menjadi unggul dan berdaya saing,” tuturnya.

Mantan bupati Berau dua periode ini melanjutkan, tujuan Poltek itu dibangun agar dalam menempuh pendidikan vokasi, warg Berau tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar kota.

Ini menjadi kesempatan yang baik bagi warga Berau, untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Poltek Simas Berau Coal. Apalagi, tidak hanya pendidikan akademis yang diajakarkan, tapi juga praktek kerja industri juga diajarkan. Sehingga ketika lulus, alumninya sudah langsung terbiasa dengan bebagai ritme kerja yang ada.

“Kedepannya, akan ada tantangan bagi Politeknik Sinar Mas Berau Coal, untuk lebih bervariasi, guna mempersiapkan SDM unggul dalam menyambut IKN,” tuturnya.

Menurut Makmur, Tidak dipungkiri, IKN berpengaruh kepada SDM. Dirinya apresiasi apa yang telah dilakukan Berau Coal dalam mendukung pengembangan potensi pendidikan warga anak-anak Bumi Batiwakkal.

Tidak lupa dirinya juga memberikan ucapan selamat kepada 54 wisudawan dan wisudawati yang telah lulus. Diharapkannya, para alumni itu memberikan kontribusi bagi pembangunan dunia industri di Kabupaten Berau.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati. Semoga ilmu yang didapat, dipergunakan sebagaimana mestinya,” paparnya.

Asisten I Setkab Berau, Hendratno mengapresiasi Poltek Simas Berau Coal yang menggelar wisuda ke-3 dengan meluluskan 54 mahasiswa dari berbagai program study.

Dirinya berharap, para wisudawan dan wisudawati tersebut dapat memberikan kontribusi kepada diri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya terhadap keterlibatannya di dunia industri.

“Selamat. Semoga sukses. Saya yakin dengan ilmu yang didapat di Poltek Simas Berau Coal ini, akan memberi kemudahan ketik terjun langsung didunia kerja,” katanya.

Sementara itu, salah seorang Wisudawan, Warsin mengatakan, berterimakasih kepada Poltek Simas Berau Coal atas semua fasilitas, dukungan dan ilmu yang telah diberikan selama proses pembelajaran.

“Terimakasih banyak kepada semua pihak, terutama Poltek Simas Berau Coal dan mitra kerjanya. Saya banyak mendapat ilmu, dan teman selama berada di Poltek. Ini akan jadi modal saya dalam menghadapi dunia kerja,” pungkasnya. (*/ADV)