Foto: General Manager License & Corporate Communication PT Berau Coal, Yoyok N Pramonon menyeragkan zakat PT Berau Coal kepada BAZNAZ Berau, disaksikan Bupati Berau Sri Juniarsih, pada 28 Maret lalu.

TANJUNG REDEB– Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, PT Berau Coal kembali menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah, melaui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Berau sebesar Rp 1,3 miliar, pada 28 Maret lalu di Balai Mufakat, Tanjung Redeb.

Selain itu, Berau Coal juga menyerahkan sekaligus pelaporan zakat karyawan pada April 2023-Maret 2024.

Penyerahan zakat itu, disaksikan langsung Bupati Berau Sri Juniarsih serta sejumlah pejabat daerah lainnya.

Usai menerima zakat, Ketua BAZNAZ Berau, Busransyah, memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada Berau Coal, yang telah mendukungi kegiatan Berau Berzakat BAZNAS Berau.

Dikatakannya, Berau Coal setiap tahunnya, konsisten membantu Baznas Berau dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Bumi Batiwakkal.

“Berau Coal juga bekerja sama dengan BAZNAS Berau. Terutama menjalankan program-program yang dirancang untuk meningkatkan kemandirian ekonomi, dan membantu memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Berkat dukungan maksimal dari Berau Coal di hampir setiap kegiatan itu, turut membuahkan prestasi. Bahkan, di even BAZNAS Awards tahun 2024, Berau Coal juga mendapat penghargaan sebagai Perusahaan Pendukung Dana CSR Terbaik dari BAZNAS RI.

“Ini merupakan buah dari sinergitas BAZNAZ Berau dan PT Berau Coal, dalam membantu masyarakat Berau. Dan kami berterimakasih atas dukungan yang diberikan, serta mengapresiasi penghargaan yang diterima,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih mengucapkan senada. Dirinya berterimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah menyalurkan zakatnya ke BAZNAZ. Khususnya kepada PT Berau Coal, yang setiap tahun selalu hadir menyalurkan zakatnya.

“Mudah-mudahan, apa yang telah disalurkan memberikan manfaat kepada para mustahik-mustahik kita di Kabupaten Berau, yaitu orang-orang yang benar-benar membutuhkan,” ujar Bupati Berau.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan sebuah kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, BAZNAS Berau dan juga Berau Coal. Dirinya berharap, kerjasama yang baik itu terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

“Semoga ini menjadi motivasi dan contoh bagi perusahaan-perusahaan di Berau untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Terutama membantu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Berau,” harapnya.

Sementara itu, General Manager License & Corporate Communication PT Berau Coal, Yoyok N Pramono mengatakan, pada tahun ini PT Berau Coal menyerahkan dua dana zakat ke BAZNAS Berau, yaitu zakat, infak, dan sedekah sebesar Rp 1,3 miliar.

Kemudian, zakat karyawan PT Berau Coal periode April 2023 – Maret 2024 juga diserahkan melalui BAZNAS Berau senilai Rp 887 juta.

“Dukungan ini juga sebagai bentuk kepedulian perusahaan, dan karyawan Berau Coal untuk berkontribusi aktif membantu masyarakat Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, kerja sama dengan Baznas Berau, melalui komitmen zakat perusahaan telah berjalan secara berkelanjutan. Program kolaborasi ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam turut serta berkontribusi membangun daerah.

“Yang pada muaranya, dapat mendorong kemandirian ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memajukan Kabupaten Berau dan Provinsi Kaltim,” pungkasnya. (/ADV)

Reporter: Hendra Irawan