Reporter : ⁠Dini Diva Aprilia
|
Editor : Suriansyah

TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Saga, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau segera membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di destinasi wisata Pulau Maratua.

Menurutnya, Pemkab Berau tidak memiliki alasan untuk tidak membangun TPA di Pulau Maratua. Sebab ini perlu dilakukan untuk menangani masalah lingkungan yang ada di Pulau Maratua. Mengingat TPA tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat/wisatawan.

“Kita berharap, ada upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi sampah di Maratua,” ujar Saga.

Ilustrasi: Contoh Tempat Pembuangan Sampah Sementara.

Karenanya wakil rakyat itu, mendorong permasalahan tersebut harus segera ditangani, karena masalah sampah pasti akan mengganggu destinasi wisata yang ada. Karena Pulau Maratua merupakan destinasi unggulan Kabupaten Berau.

Sehingga nanti masyarakat yang ada di Maratua tidak kebingungan lagi untuk membuang sampah, baik sampah limbah maupun sampah rumah tangga.

Namun, menurutnya, TPA yang akan dibangun jangan hanya TPA yang biasa saja, melainkan TPA ini dikonsep dengan modern, sehingga tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari.

“Jika nanti dibangun yang biasa saja, kemungkinan besar akan menimbulkan masalah baru. Salah satunya, aromanya akan menyebar dan TPA ini juga termasuk salah satu fasilitas wisata. Jadi, kita dorong agar segera terealisasi,” tandas politisi senior itu. (*/ADV)\