Penulis : admin

KUKAR,- Para pembudidaya ternak sapi di enam kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima penyuluhuhan dan pendampingan teknik penggemukan sapi. Pelatihan yang digelar Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar ini diharapkan meningkatkan mutu sapi potong di Kukar.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali menjelaskan penyuluhan dan pendampingan intensif itu sudah dijalankan sejak awal tahun 2023 ini. Diikuti para peternak di enam kecamatan di Kukar. Meliputi Kecamatan Samboja, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong Seberang, dan Kota Bangun.

Fokus materi penyuluhan dan pendampingan terkait pengetahuan terkait kesehatan dan reproduksi hewan. Selain itu, pemilihan pejantan yang berkualitas juga menjadi fokus penyuluhan agar ternak lokal memiliki standar mutu yang baik. Pada akhirnya, upaya penggemukan sapi untuk kebutuhan kurban akan berjalan optimal.

“Adanya pembinaan dan pendampingan dari Distanak Kukar, diharapkan kualitas sapi yang dihasilkan semakin baik,” ujar Aji Gozali, akhir September 2023. (*adv/diskominfokukar)