TANJUNG REDEB – Anggota Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupatn Berau, Ichsan Rapi, mengapresiasi capaian Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dspusip) Berau sebagai Terbaik 1 Pengelola Program TPBIS (Inklusi Sosial) dan Terbaik 1 Capaian Jumlah Perpustakaan Terakreditasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2024.

“Tentu ini perlu diapresiasi, karena sebelumnya Berau juga pernah menerima penghargaan yang sama dan ini sudah diterima 2 tahun berturut-turut,” ungkapnya.

Ichsan yang juga merupakan Ketua Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB) mengatakan, perpustakaan bukan hanya sebagai tempat menyimpan dan membaca koleksi buku dan majalah.

Namun, perpustakaan berfungsi pula sebagai tempat mengakses informasi dalam bentuk apapun.

Dispusip, Lanjut Iccang Рpanggilan akrab wakil rakyat ini menjelaskan, telah mengubah paradigma lama  dan membutuhkan transformasi dan itu berhasil dengan ditandainya predikat terbaik 1 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Kaltim.

“Dispusip Berau sudah dapat mencapai program transformasi mengubah paradigma lama dari paradigma eksklusif menjadi inklusif,” tandasnya.

Menurutnya, untuk bertransformasi pasti perlu menjalankan beberapa program, seperti penguatan literasi kepada masyarakat dengan peningkatan keterampilan di perpustakaan.

Serta praktik-praktik, baik lainnya di perpustakaan untuk kebutuhan masyarakat secara inklusif dengan pelatihan keterampilan komputer, keterampilan public speaking dan berbagai workshop yang digelar.

“Kita memberikan support sesuai dengan kewenangan anggota DPRD Kabupaten, agar Dispusip dapat mencapai tujuan dan memberikan yang terbaik buat masyarakat Kabupaten Berau,” katanya. (*/ADV)

Reporter : Dini Diva Aprilia

Editor : s4h