TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih, memberikan tali asih kepada lima atlet berprestasi di dunia olahraga yang mengharumkan nama Berau di kancah nasional hingga internasional.

Pemberian tali asih berupa uang tunai kepada para atlet Berau tersebut, dilakukan pada Jumat (17/5/2024) pagi dalam acara Jalan Santai Hardiknas 2 Mei.

Adapun atlet yang mendapatkan tali asih, diantaranya, Wira Sakti Pratama yang mendapatkan uang tunai senilai Rp35 juta atas prestasinya yang berhasil mendapatkan medali emas pada kejuaraan Malaysia Taekwondo Remaja Terbuka Antar-Bangsa, di Kinabalu, Sabah pada awal Maret 2024 lalu.

Kemudian, pada turnamen yang sama, Theo Herman Alexander, juga mendapatkan medali emas dan berhak atas tali asih senilai Rp35 juta. Lalu sebagai pelatih, Noviana Pongistandi mendapatkan uang tunai senilai Rp25 juta.

Selanjutnya, ada nama Sabhian Fathul Ilmi, sebagai juara 1 di Turnamen Balap Motor, Seri 2 Oneprix 2024 di Sirkuit Sabaru Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 12 Mei 2024. Dibawah binaan Tim Yamaha Yamalube Aditama SCM Berau. Mendapatkan tali asih senilai Rp20 juta.

“Tali asih ini, sebagai apresiasi pemerintah agar para atlet terus semangat untuk mengharumkan nama Berau di dunia olahraga,” kata Umi Sri.

Diharapkan, ke depan para atlet di Berau dapat memberikan prestasi yang lebih baik lagi, baik di turnamen kecil, skala kabupaten hingga turnamen bergengsi di olimpiade internasional.

Disebutnya, kelima atlet tersebut dapat menjadi contoh atas kegigihan atlet berlatih untuk terus mengasah kemampuan olahraga.

“Semoga kita bisa kembali mengharumkan nama Berau,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, Amiruddin, menyampaikan bahwa anggaran yang diberikan kepada atlet berprestasi tersebut berasal dari kas yang dikelola oleh Dispora Berau.

Dana itu disiapkan secara khusus bagi atlet yang berhasil juara di berbagai macam kelas turnamen olahraga.

“Memang kami siapkan anggarannya, khusus dari Dispora, tapi itu bukan bonus, ya. Itu tali asih,” tuturnya.

Dikonfirmasi di lokasi yang sama, Pelatih Taekwondo, Noviana Pongistandi, mengutarakan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah atas prestasi atlet.

Dijelaskan, untuk meraih gelar juara tersebut, atlet disiapkan selama dua bulan dan training center di Berau. Meskipun dengan fasilitas yang masih relatif minim.

“Terimakasih Pemkab Berau memberi perhatian atas prestasi kami,” ucapnya. (*/ADV)

Reporter : Sulaiman

Editor : s4h