Penulis : admin

Foto: Wakil Ketua Komisi I DPRD Berau Rudi Mangunsong. 

TANJUNG REDEB- Banyaknya lowongan pekerjaan perusahaan yang dibuka di Kabupaten Berau seharusnya lebih memperhatikan para pekerja disabilitas.

Hal itu yang disampaikan Wakil Ketua Komisi I Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Rudi Mangunsong. Ia meminta baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau maupun pihak perusahaan untuk benar-benar memperhatikan secara serius hak-hak para disabilitas di Kabupaten Berau.

“Mengingat ada beberapa perusahaan diketahui tengah membuka lowongan pekerjaan bagi para pekerja disabilitas,” ungkap Rudi, Jumat (03/11/2023).

Dengan dibukanya lowongan pekerjaan tersebut, seharusnya Pemkab bisa lebih memaksimalkan layanan pada penyandang disabilitas. Contohnya, seperti menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK), membuat pelatihan, dan beberapa kegiatan yang mendukung keterampilan disabilitas.

“Mereka ini adalah orang yang perlu kita topang. OPD terkait juga jangan hanya mengawasi. Bila perlu diantarkan dan didampingi jika disabilitas akan bekerja. Jangan hanya sekadar retorika saja. Mesti menyentuh,” tegasnya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah harus selalu hadir dan mendampingi penyandang disabilitas saat mereka mengalami diskriminasi dalam dunia pekerjaan. Pasalnya, mereka merupakan golongan yang rentan diabaikan, diremehkan, dan dilecehkan.

Tak hanya Pemerintah Daerah, perusahaan juga diminta untuk memperhatikan secara serius nasib penyandang disabilitas tersebut. Lowongan yang telah dibuka juga harus jelas dan benar-benar memberdayakan para disabilitas.

“Perusahaan juga jangan sekadar membuka. Tapi pasyikan betul ada formasinya yang prioritas, dan disabilitasnya seperti apa,” tandasnya. (adv)

Reporter: Dini Diva Aprilia