|
Editor : Redaksi Berau Terkini

Felinda Anggita Putri, alumnus terbaik dari program studi Survei dan Pemetaan Politeknik Sinar Mas Berau Coal tahun 2022. Kini, perempuan asal Kecamatan Segah, Kampung Tepian buah tersebut telah bekerja di salah satu mitra kerja PT Berau Coal, yaitu PT Apex Mitra Prima sebagai License Support and Legal Officer di Head Office PT Berau Coal.

Saat menempuh kuliah, Felinda bersyukur dengan adanya beasiswa penuh dari Politeknik Sinar Mas Berau Coal dirinya dapat menyelesaikan pendidikan tanpa kendala, serta mendapatkan banyak pengalaman berharga selama menempuh pendidikan.

“Kita lebih semangat dan hanya tinggal fokus belajar saja karena sudah dimudahkan untuk memperoleh pendidikan,” katanya.

Selama duduk di bangku perkuliahan, perempuan asal Tepian Buah itu tidak hanya aktif mengikuti perkuliahan saja, dirinya juga aktif tergabung dalam organisasi atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Politeknik Sinar Mas Berau Coal untuk mengasah soft skill-nya.

“Saya ikut beberapa organisasi, yaitu paduan suara, UKM Voli, LCC (language Career Center) UKM KMK sebagai ketua,” ungkapnya.

Felinda bercerita, setelah lulus dari Politeknik Sinar Mas Berau Coal, dirinya mengikuti program yang diselenggarakan oleh Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, yaitu Program Pelatihan Pengawas Keselamatan Pertambangan (P3KP) selama 1 tahun untuk meningkatkan pengalaman agar semakin siap memasuki dunia kerja.

Felinda senang mendapatkan kesempatan untuk bisa mengikuti program P3KP. Menurutnya, program tersebut sangat membantu para lulusan baru untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Dirinya pun berharap P3KP akan terus berjalan.

“Karena sudah terbiasa dengan lingkungan kerja sejak di bangku perkuliahan dan program PK3P, jadinya sekarang lebih cepat beradaptasi dan penyesuaiannya lebih cepat,” jelasnya.

Tidak lupa, Felinda memberikan pesan kepada teman-teman yang sedang menempuh pendidikan agar terus belajar dan fokus terhadap tujuan. Dirinya berharap program Beasiswa akan selalu ada dan terlaksana karena program dari PT Berau Coal melalui Politeknik Sinar Mas Berau Coal tersebut menurutnya sangat membantu dirinya dan rekannya dalam menempuh pendidikan serta mendorong peningkatan taraf pendidikan di Kabupaten Berau.

“Bangunlah percaya diri dan tetap fokus terhadap tujuan, teruslah belajar, jangan membatasi diri, jangan menutup diri dan selalu bekali diri dengan belajar karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal yang telah memiliki komitmen kepedulian terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Berau.

“Terima kasih PT Berau Coal yang telah mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten Berau baik melalui pendirian Politeknik Sinar Mas Berau Coal dan program-program pendidikan lainnya seperti beasiswa dan P3KP. Hal ini sangat bermanfaat untuk kemajuan SDM lokal seperti saya,” pungkasnya.

P3KP sendiri telah berganti nama menjadi Program Pelatihan Pengawasan Pertambangan (P4) mulai tahun 2023. P4 merupakan salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal untuk menghasilkan Pengawas Operasional berkualitas dan memiliki daya saing dari masyarakat lokal khususnya yang termasuk dalam daerah lingkar tambang Kabupaten Berau. Peserta program ini terdiri dari lulusan Politeknik Sinar Mas Berau Coal, lulusan program beasiswa perguruan tinggi PT Berau Coal dan pengembangan tenaga kerja non skill lokal.

Terpisah, Community Base Development Coordinator PT Berau Coal, Reza Hermawan menjelaskan melalui program PPM PT Berau Coal yaitu pilar pendidikan, kami memberikan dukungan beasiswa kepada pelajar lokal yang berprestasi atau kurang mampu agar dapat menempuh pendidikan. sehingga, dapat menciptakan SDM yang unggul dan memiliki daya saing yang kuat.

“Para pelajar yang mendapatkan beasiswa dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan cara belajar yang rajin dan sungguh-sungguh agar mendapat nilai yang terbaik. Karena di masa belajar inilah tahapan penambahan wawasan dan pengetahuan. Hal itu untuk menjawab tantangan dunia kerja ke depan,” jelasnya.

Lanjutnya, program beasiswa menjadi kontribusi nyata PT Berau Coal dalam mewujudkan tujuan pemerintah daerah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja, handal, dan profesional. tidak berhenti di situ, Program PPM lainnya, yaitu P4 juga turut membekali tenaga kerja lokal dengan kompetensi, OJT, dan sertifikasi profesi terkait Pengawasan Operasional Pertambangan.

“Harapannya, dengan adanya program P4 ini tercetak SDM Kabupaten Berau yang unggul dan memiliki daya saing selaras dengan program Pemerintah Daerah,” ucapnya.