Penulis : admin

Foto: Maskapai Citilink nantinya akan menggunakan peswat jenis ATR di Bandara Kalimarau.

TANJUNG REDEB,- Kabar terbaru rencana masuknya maskapai Citilink ke Bandara Kalimarau kembali ditunda. Sebelumnya, penundaan dilakukan dari rencana awal masuk 25 Mei menjadi 1 Juni 2022. Namun kembali ditunda dan batal landing 1 Juni. Informasi terakhir, Citilink baru akan landing pada 1 Juli mendatang.

Informasi tersebut disampaikan langsung Kepala Seksi Teknik dan Operasi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, Budi Sarwanto, Kamis (2/6/2022).
Saat ini maskapai Citilink masih melakukan pemeliharaan pesawat terbang jenis ATR 72-600, yang akan digunakan secara komersil menuju Bandara Kalimarau.

“Ditunda sebulan lagi. Infonya, pesawatnya masih masuk hangar untuk maintenance. Jadi belum ada pesawat yang ready. Jadi saat ini yang rutin beroperasi hanya Wings Air dan Susi Air”jelasnya.

Informasi yang disampaikan ke pihak UPBU Kalimarau hanya tanggal akan masuk, namun tidak menjelaskan detail lama maintenance.

“Tergantung, bisa lama bisa juga sebentar tergantung maintenance nya. Itupun setelah maintenance dilakukan, akan diverifikasi lagi, guna memastikan pesawat benar-benar aman terbang,” katanya.

Disamping persiapan unit yang akan melayani rute Berau, sampai saat ini pihak Citilink juga masih dalam proses penyelesaian administrasi untuk bisa masuk Kalimarau.

Seperti, penyiapan ruangan yang akan digunakan chek in, dan beberapa ruangan lainnya.

“Sementara untuk izin rute, meskipun sudah dilakukan, namun dari pihak Citilink mengajukan revisi. Jadi, itu semua masih proses,” katanya.

Kendati demikian, meskipun sudah mengalami dua kali kemunduran jadwal, dikarenakan beberapa kendala teknis, Citilink tetap memastikan akan melakukan penerbangan ke Kabupaten Berau. “Kita tunggu sampai 1 Juli mendatang, semoga tidak ada kendala,” tutupnya. (*)