Foto ist: Tampak Suasana perumahan warga di Kampung Tanjung Batu

TANJUNG REDEB, – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau tahun ini merencanakan pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tanjung Batu, yang sebelumnya diinisiasi oleh Dinas Perikanan (Diskan) Berau.

Kabid Cipta Karya DPUPR Berau, Jimmy Alwi Siregar menjelaskan, pembangunan akan dilakukan tahun ini.

Dan prosesnya sudah masuk dalam tahap persiapan sinkronisasi dengan Diskan Berau. Sebab, Diskan Berau sebelumnya sudah pernah membuat perencanaan tersebut.

“Sedangkan, konstruksinya akan dibangun oleh DPUPR,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah melakukan survei bersama tim teknis baik DPUPR maupun Diskan Berau ke lokasi rencana pembangunan TPI tersebut. Didapatkan penetapan batas lahan pembangunan TPI, kebutuhan ruangan hingga fasilitas.

Akan dilakukan review perencanaan menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini dan anggaran yang tersedia.

“Terhadap lokasi yang akan dibangun, kebutuhan ruang pada bangunan utama dan fasilitas penunjang dari TPI itu sendiri,” urainya.

Sedangkan luasnya sendiri yakni 4 hektare. Adapun anggaran yang digunakan untuk review perencanaan dan pembangunan fisiknya yakni Rp 14,7 Miliar.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan, Dahniar Ratnawati mengatakan, targetnya pembangunan TPI di Tanjung Batu akan direalisasikan tahun ini, meski sempat tertunda pada tahun sebelumnya.

Tujuannya tentu untuk memudahkan masyarakat nelayan di wilayah pesisir untuk menjual hasil tangkapannya tanpa perlu jauh-jauh ke pengepul ikan.

Adanya TPI juga bisa menjadi pusat oleh-oleh ikan segar di pesisir. Diketahui selama ini, wisatawan mencari ikan segar di rumah-rumah warga.

“Supaya masyarakat punya akses untuk menjual dan konsumen juga mudah mencari ikan segar di TPI,” ucapnya.

Dahniar berharap, pembangunan TPI bisa dilakukan secapatnya. Pendataan perikanan juga akan mudah dilakukan. Ikan di sana juga akan terjamin higienitasnya, bisa mengontrol destrucktive fishing, dan ikan yang keluar bisa terarah.

“Tujuan akhirnya pendapatan masyarakat di sekitar TPI bisa meningkat,” tutupnya. (*/adv)