Foto: Lokasi bibir sungai RT 6 Gunung Tabur yang tahun ini akan dilakukan pemasangan turap

TANJUNG REDEB– Pembangunan turap Sambaliung dan Gunung Tabur berlanjut tahun 2023. Bupati Berau, Sri Juniarsih menyebutkan, pembangunan turap di dua kelurahan itu berkisar Rp 40 miliar yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Berau 2023.

Hal ini sekaligus menjawab keresahan warga di dua lokasi terutama di RT 6 Gunung Tabur yang kerap kali kebanjiran saat air pasang. Bahkan kondisinya kini banyak jalan berlubang.

“Masing-masing kelurahan Rp 20 miliar. Jadi total 40 miliar,” katanya.

Pembangunan turap di dua kelurahan itu kata Sri, untuk mengantisipasi pengkisan arus sungai yang nantinya mengakibatkn abrasi. Apalagi, jarak antara bibir sungai dengan badan jalan hanya beberapa meter saja.

Apalagi, kegiatan masyarakat yang berada di sekitar lokasi yang akan diturap juga memiliki aktivitas yang cukup padat. Baik yang ada di Kelurahan Sambaliung maupun Gunung Tabur.

“Tentu kami tidak ingin aktivitas warga di sana terganggu lantaran ancaman abrasi. Sebelum itu terjadi, kami programkan pembangunan turap di sana,” katanya.

Dia juga menyebut, pekerjaan pembangunan turap tersebut akan segera dilakukan secepatnya. Agar kekhwatiran masyarakat terkait pengikisan dinding tanah akibat arus sungai tidak terjadi.

“Usai proses lelang akan segera dikerjakan. Sekarang masih proses. Kalau selesai, pekerjaan bisa dimulai,” pungkasnya. (/)