Foto Arsip: Pesta rakyat Manutung Jukut 2019 lalu

TANJUNG REDEB- Kabar gembira datang dari Dinas Perikanan Berau. Pasalnya, sejumlah kelompok masyarakat akan digratiskan menempati stand yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Dalam kegiatan itu, panitia menyiapkan stand sebanyak 270 titik, dan sudah terpetak baru 230 titik yang tersebar di sejumlah titik Jalan Ahmad Yani, hingga Jalan Tendean. Adapun peserta yang sudah mendaftar masih dibawah 200 peserta.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Dahniar Ratnawati mengatakan, akan menggratiskan tenda dan ikan kepada sejumlah kelompok masyarakat. Terutama, untuk kelompok RT yang dikoordinir ketua RT, satuan pendidikan terdiri dari berbagai sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, hingga Perguruan tinggi.

Adapun beberapa sekolah yang sudah membayar sewa tenda, akan segera dikoordinasikan dengan koordinator pelaksana. Apakah akan dilakukan pengembalian biaya sewa atau tidak.

“Kami baru tadi malam (Senin malam) dapat arahan adanya kebijakan itu. Terkait yang sudah terlanjur itu nanti akan kami komunikasikan dengan koordinator. Jadi yang pasti tenda dan ikan gratis untuk peserta khusus. Mereka hanya menyiapkan peralatan pembakaran saja,” jelasnya, Selasa (13/9/2022).

Meskipun nanti diberikan secara gratis, namun pihaknya berlum bisa memastikan berapa banyak jumlah pesertanya. Bahkan, pihaknya juga akan melakukan pendataan terkait kelompok masyarakat yang mendapatkan kebijakan itu.

Diterangkannya, pesta manutung jukut tersebut, dilakukan berdasarkan semangat gotongroyong. Karena diakuinya, Dinas Perikanan Berau, tidak memiliki anggaran untuk mengalokasikannya.

Adapun tujuannya, untuk memberikan hiburan dalam rangka peringatan hari jadi.

“Memang ini dadakan juga, apalagi kondisi seperti ini. Jadi kami berharap maklum dari masyarakat Berau. Sebab di awal tahun 2022, kita juga masih berkutat dengan gelombang ketiga Pandemik COVID-19,” jelasnya.

Namun pelaksanaan tahun ini, akan menjadi bahan evaluasi. Dan tahun depan kata Dahniar, agenda ini akan digelar lebih maksimal lagi. Bahkan, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan Bapelitbang Berau, agar event ini dapat dianggarkan di tahun depan.

Tahun depan kami harapkan ini bisa terakomodasi. Agar lebih meriah lagi, bahkan mungkin bisa jadi ajang wisata khas Berau untuk menarik pengunjung datang ke Berau,” pungkasnya.

Sementara itu bagi masyarakat yang ingin berpatisipasi dalam acara Matung Jukut pendaftaran masih dibuka. Warga bisa langsung datang ke kantor Dinas Perikanan Berau atau menghubungi nomor telepon 081250196342 atau 08136488574.(*)

Editor: Rengkuh